Taya Caves, Keajaiban Buddha di bawah tanah Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 29-07-2021

          Gua Taya merupakan situs suci Buddha, tempat yang bagaikan permata tersembunyi di bawah tanah di Yokohama, Jepang. Gua tersebut digali dan dipahat menjadi batu oleh biksu Buddha Shingon dari Kamakura hingga periode Edo (abad 13-19), dan didedikasikan untuk pelatihan bertapa, ritual, dan ziarah. Di dalamnya terdapat labirin aula dan galeri yang dihiasi dengan ratusan relief pahatan batu, menggambarkan dewa dan penguasa agama Buddha, kuil dan tempat pemujaan, motif tumbuhan, tanda zodiak, lambang keluarga, dan lain-lain.

         Meskipun Gua Taya secara resmi dilindungi sebagai Properti Budaya Jepang, tempat ini tidak terlalu terkenal di Jepang, apalagi di luar negeri. Gua ini juga jauh dari tempat wisata tradisional, namun untuk mengunjungi tempat ini bisa menjadi perjalanan yang menarik. Ketika pengunjung tiba di Josen-ji, setiap pengunjung akan diberikan lilin yang dinyalakan dari lilin di dalam pintu masuk gua. Meski ada lampu cadangan di lorong-lorong, ada baiknya jika pengunjung juga membaca senter kecil agar bisa melihat ukiran dengan lebih baik.

         Suasana lembab dengan dinding berkilau dan langit-langit yang menetes melengkapi kesyahduan berjalan di sepanjang gua. Saat berada di dalamnya, pengunjung juga dapat merasakan upaya yang luar biasa yang dilakukan untuk membangun gua tersebut.

         Untuk mencapai gua ini, terdapat kereta Special Rapid Odawara dari Shinjuku yang akan berhenti di stasiun Ofuna. Dari stasiun Ofuna pengunjung bisa naik bis dan turun di halte “dokutsu-mae”. Gua Taya buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga 4 sore, dan butuh sekitar 400 yen untuk orang dewasa, 200 yen untuk siswa SMA dan SMP, dan 100 yen untuk siswa SD.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://japanjourneys.jp/kanagawa/yokohama/attractions/taya-caves/

https://heritagesciencejournal.springeropen.com/articles/10.1186/s40494-020-00433-9

https://japantoday.com/category/features/travel/taya-caves-an-underground-wonder-of-ancient-buddhist-artistry-near-kamakura

Sumber gambar:

https://static.retrip.jp/article/107658/images/10765827a571a1-c6a4-4784-b943-12159d013e0a_l.jpg