Taman Kourakuen di Okayama (岡山後楽園)

Ditulis oleh: Administrator, 30-07-2021

         Taman Kourakuen berada di pusat kota Okayama bersebelahan dengan Kastil Okayama, sebuah perpaduan yang sempurna antara bangunan kastil yang megah dan taman yang indah. Dibangun tahun 1687, Taman Kourakuen adalah taman pribadi milik penguasa wilayah Okayama. Namun, kini taman telah dibuka untuk publik.

         Taman Kourakuen dianggap sebagai salah satu dari tiga taman terbaik di Jepang, yang mana dua taman terbaik lainnya adalah Taman Kenrokouen di Prefektur Kanazawa dan Taman Kairakuen di Prefektur Ibaraki. Taman ini telah diberi penghargaan oleh Michelin Green Guide Japan dan ditetapkan sebagai situs Warisan Sejarah dan Budaya.

         Taman ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 25 menit dari Stasiun Okayama. Jika Anda lebih suka naik trem, berangkatlah dari Stasiun Okayama dalam perjalanan selama 8 menit ke Perhentian Shiroshita. Dari perhentian trem, taman dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

         Dibuat pada tahun 1687 karena keinginan seorang Daimyo (pemimpin wilayah) bernama Ikeda Tsunamasa untuk memiliki taman yang indah yang bisa ditunjukkan kepada para tamunya. Tamannya kemudian selesai dibuat pada tahun 1700 setelah pembangunan Kastil Okayama rampung. Hal itu yang membuat taman ini dikenal juga sebagai Okayamajoukouen, yang berarti “Taman Kastil Okayama”. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1884 taman ini kemudian diambil alih oleh pemerintah Kota Okayama, dan membuatnya sebagai taman publik.

         Taman Kourakuen terletak di sisi utara Sungai Asahi yang membuatnya selalu hijau dan asri. Dengan konsep jembatan dan pemandangan, kita akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan dan sungai yang indah. Dengan total area sekitar 13,3 hektar, setidaknya kita membutuhkan waktu seharian untuk bisa melihat seluruh isi taman ini. Namun, yang paling terkenal adalah kolam Sawa-no-ike dengan tiga buah pulau buatan di tengahnya, sebuah replika Danau Biwa di prefektur Shiga.

         Seperti halnya taman-taman di seluruh Jepang, kita bisa menikmati hanami Sakura di sekitaran Taman Kourakuen. Kalau Anda berkunjung di musim lainnya, seperti musim panas atau musim gugur, kita bisa menikmati Momiji saat dedaunan pohon maple berubah menjadi kemerahan. Biasanya iluminasi musim gugur “Genso Teien” dilaksanakan pada pertengahan November hingga akhir November.

         Satu event spesial lainnya di Taman Kourakuen adalah “Iluminasi Fantastic Garden” yang diadakan setiap musim semi dan musim panas. Iluminasi ini biasanya diadakan malam hari setelah jam beroperasi taman selesai, dan kita bisa melihat keindahan taman yang diterangi oleh lampu-lampu hias. Iluminasi Fantastic Garden, di musim semi diadakan saat liburan Golden Week di Jepang, yaitu dari akhir April sampai awal Mei. Sedangkan kalau di musim panas diadakan dari awal Agustus hingga akhir Agustus.

1

         Alih-alih hanya mengunjungi taman, ada baiknya Anda membeli tiket terusan Istana Okayama dan Taman Korakuen. Dengan tiket ini, Anda juga dapat mengunjungi istana yang terlihat dari kompleks taman. Ada jembatan yang akan membawa Anda dari bagian luar taman ke halaman istana. Tiket masuk terusan ke taman dan kastil Okayama adalah sebesar 480 yen untuk dewasa.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

Foto Pribadi

https://www.japan.travel/id/spot/916/

https://www.infojepang.net/item/taman-korakuen/