Peringatan Hari Gunung (山の日) di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 13-08-2021

         Seperti halnya di Indonesia, Jepang pun memiliki hari libur nasional. Namun beda halnya dengan di Jepang, di negeri sakura tersebut terdapat hari libur nasional yang berupa Yama no Hi atau hari gunung. Yama no Hi adalah hari libur nasional Jepang yang dimulai dari 11 agustus 2016. Ditetapkannya hari gunung setiap 11 Agustus pun didasarkan pada huruf kanji "8/ 八" terlihat seperti gunung, dan "11"  yang menyerupai pohon.

         Hari gunung di Jepang ini disahkan sebagai hari libur nasional pada tanggal 1 Januari 2016. Perayaan hari gunung ini bertujuan sebagai penanda bahwa masyarakat Jepang sangat peduli terhadap alam sekitar dan agar masyarakat Jepang berkesempatan untuk lebih dekat, lebih menghargai hasil bumi, dapat mengenal tentang gunung di sekitar mereka. Hari libur nasional untuk memperingati hari gunung ini bertujuan agar para masyarakat atau para pekerja dapat berwisata alam bersama keluarga maupun kerabat, biasanya mereka akan mendaki gunung, camping, piknik di gunung, dan datang ke pesta yang di adakan di sekitar kaki gunung. Berbeda dengan perayaan hari gunung pada tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini pemerintah Jepang menetapkan hari gunung pada 8 Agustus 2021 dikarenakan adanya upacara pembukaan Tokyo Olympic.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.fun-japan.jp/id/articles/11543

Sumber gambar:

https://yamanohi.net/reportimg/210715144153_6.jpg