Sejarah Sukajan, Jaket Jepang yang Digandrungi Anak Muda

Ditulis oleh: Administrator, 03-09-2021

          Jaket suvenir Jepang atau yang disebut sukajan, terkenal karena desainnya yang menarik perhatian. Popularitas jaket telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir sejak banyak orang muda yang memakainya dalam beberapa tahun terakhir sehingga menjadi tren di media sosial seperti Instagram. Beberapa selebriti dari Indonesia juga ikut mengunggah foto mereka dengan menggunakan jaket sukajan, seperti Joe Taslim, Nabilah Eks. JKT48, dan vokalis Band Gigi yaitu Armand Maulana.

          Jaket sukajan adalah jaket jenis blus berbahan parasut yang berasal dari Jepang, yang di awali oleh sejarah akhir Perang Dunia Kedua. sukajan terinspirasi oleh jaket bisbol, namun ada sentuhan bordir sutra berciri khas budaya Jepang. Motif yang digunakan juga bermacam-macam, seperti harimau, naga, burung merak, geisha, dan lain-lain.

          Sejarah Jaket sukajan bermula dari akhir perang dunia kedua. Pada saat itu tentara dari Amerika yang bertempat di Yokosuka ingin membawa suvenir dari Jepang seusai tugas mereka di Jepang. Dengan menggunakan bahan berupa parasut bekas perang, para tentara ini meminta penjahit setempat untuk membuat jaket dengan parasut tersebut dengan tambahan motif khas jepang. Pada akhirnya para tentara tersebut sangat menyukai jaket yang dibuat dan mereka menyebut jaket unik itu dengan istilah “Souvernir Jaket”.  

          Jaket sukajan sudah dijual secara umum di Jepang. Namun, jika Anda ingin membeli jaket sukajan yang autentik Anda dapat mengunjungi Dobuita Street yang terletak di Kota Yokosuka. Dobuita Street merupakan tempat para penjahit lokal yang merupakan pembuat jaket sukajan pertama di Jepang. Harga dari sukajan buatan penjahit lokal ini berkisar 4000 yen atau empat juta rupiah.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://livejapan.com/en/in-tokyo/in-pref-tokyo/in-ueno/article-a0004337/

https://womantalk.com/fashion/articles/the-cool-story-behind-sukajan-jacket-A2oYx

https://goodmoney.id/sejarah-unik-jaket-sukajan-khas-jepang-yang-kini-jadi-tren-fashion-milenial-ind

https://japanjunky.com/the-japanese-bomber-jacket/onesia/

Sumber gambar:

https://funq.jp/wp/wp-content/uploads/2020/01/s-DNP-_35A8917.jpg