Kuil Enryakuji, Markas Besar sekte Tendai dari Buddhisme Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 11-11-2021

          Terletak di bagian paling timur Kyoto di Gunung Hiei, Kuil Enryakuji merupakan salah satu kuil terpenting dalam sejarah Jepang dan merupakan markas besar sekte Tendai dari Buddhisme Jepang. Banyak biksu terkemuka yang belajar di Enryakuji. Kuil ini didirikan pada tahun 788 oleh Saicho, biksu yang memperkenalkan Buddhisme Tendai dari Tiongkok ke Jepang. Pada masa berjayanya, Enryakuji memiliki sebanyak 3000 sub-kuil dan biksu prajurit yang kuat yang sering terlibat dalam perebutan kekuasaan dengan biara-biara lain dan para pemimpin politik. Karena dianggap sebagai pesaing yang juga menentang pejabat Oda Nobunaga pada tahun 1571, Oda Nobunaga menyerang dan menghancurkan sebagian besar bangunan Enryakuji dan membunuh para penghuninya. Oleh karena itu, sebagian besar bangunan kuil saat ini berasa dari Zaman Edo awal ketika kuil dibangun kembali.

         Kuil Enryakuji memiliki 3 spot utama yaitu Todo (bagian timur), Saito (bagian barat) dan YokawaTodo merupakan area utama tempat biara pertama didirikan dan juga terdapat sebagian besar bangunan utama seperti Aula Utama dan Aula Amida. Terdapat jalur jalan kaki melalui hutan yang menghubungan Todo dan Saito, yang memiliki area makam pendiri kuil, Saicho, dan terdapat Shaka Hall, yang merupakan bangunan tertua di Gunung Hiei. Kemudian area Yokawa terletak beberapa kilometer dari kedua area sebelumnya yang biasanya dikunjungi oleh lebih sedikit orang.

         Kuil Enryakuji paling banyak dikunjungi saat musim semi dan musim gugur karena pemandangannya yang indah. Kuil ini terletak di Gunung Hiei yang dapat didaki dari sisi Kyoto menggunakan kereta gantung Eizan, atau dari sisi Prefektur Shiga menggunakan kereta gantung Sakamoto. Ada juga jalan tol yang mengarah ke kuil yang digunakan oleh bus dari pusat Kyoto.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/e/e3911.html

Sumber gambar:

https://ec.jrtours.co.jp/ec/search/hotel/JTT7017/0026938L.jpg