Hari Nasional Pocky di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 18-11-2021

         Siapa sih yang tidak kenal dengan snack Pocky, snack asal Jepang yang hingga sekarang sudah memiliki puluhan rasa-rasa yang unik. Guinness World Records mengatakan Pocky adalah merek buskuit berlapis cokelat terbesar di dunia. Bahkan, karena kepopulerannya, Pocky memiliki hari liburnya sendiri setiap tanggal 11 November yang disebut dengan ‘Pocky Day’.

         Pocky sudah memiliki cerita selama 55 tahun dimulai pada tahun 1966 dengan ide sederhana namun iventif, yaitu cokelat berbentuk tongkat pertama di dunia. Konsep ini terinspirasi dari ‘kakak’ Pocky yang lebih condong ke rasa-rasa gurih, yaitu snack Pretz yang sudah memasuki pasar lebih dahulu pada tahun 1963. Baik Pocky maupun Pretz diproduksi oleh Ezaki Glico, salah satu dalam 10 perusahaan snack/permen paling terkenal di dunia. 

         Glico juga memastikan para orang dewasa mengetahui kalua Pocky bukan hanya snack untuk anak-anak, sehingga mereka juga membuat kampanye “Pocky on the Rocks” yang membingkai snack tersebut sebagai pengaduk minuman, dan ada pula Pocky dengan varian ‘bitter’ dengan rasa yang lebih ‘dewasa’ yang ditujukan bagi orang laki-laki. Seiring berjalannya waktu, Pocky tidak hanya terkenal di Jepang namun juga di seluruh dunia. Banyak kolektor yang menantikan rasa-rasa Pocky edisi terbatas atau rasa dari makanan khas suatu daerah.

2

         Lalu, mengapa tanggal 11 November dipilih sebagai ‘Hari Nasional Pocky’? Glico mendeklarasikan 11 November 1999 sebagai Hari Nasional Pocky bukan hanya karena bentuk stick Pokcy yang merepresentasikan angka “1”, namun juga karena pada saat itu merukanan Tahun Jepang Heisei 11.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://blog.gaijinpot.com/all-you-need-to-know-about-pocky-day-in-japan/

Sumber gambar:

https://assets.st-note.com/production/uploads/images/28083030/picture_pc_ab82be6fadd121bfb93344567a9ea447.png

https://i.gzn.jp/img/2007/10/15/menspocky/R1164688.jpg