Pohon Jenis Apa Saja yang Berubah Warna saat Musim Gugur di Jepang?

Ditulis oleh: Administrator, 25-11-2021

         Pohon maple adalah pohon yang selalu kita kenal sebagai pohon yang daun-daunnya akan berubah menjadi warna ‘musim gugur’, yang biasanya berwarna jingga kemerahan. Di Jepang, ‘pohon maple (紅葉 momiji)’ dan ‘warna musim gugur (紅葉 koyo)’ dituliskan dengan kanji yang sama namun berbeda cara bacanya, itu karena pohon maple merupakan tanaman asli Jepang dan dapat ditemukan banyak pohon maple liar di hutan. Orang-orang telah membudidayakan lebih dari seratus varietas pohon maple selama berabad-abad untuk penggunaan dekoratif.

2Ginkgo tree

         Namun, sebenarnya di Jepang, tidak hanya pohon maple saja yang berubah warna saat musim gugur. Pohon paling populer kedua adalah pohon ginkgo, atau dikenal juga dengan maidenhair tree. Pohon ini merupakan tanaman asli Tiongkok yang juga banyak tumbuh di Jepang. Daun pohon ini tidak berubah menjadi warna merah, namun berubah menjadi warna kuning paling terang saat puncak musim gugur. Pohon ini lebih mudah ditemukan di kuil, taman kota, atau di sepanjang jalanan kota daripada di alam seperti hutan.

3Nanakamado

         Selanjutnya, jenis-jenis pohon yang kita temukan di daerah pegunungan agak berbeda dari yang ada di kota atau taman-taman, terutama di dataran tinggi. Pohon-pohon musim gugur di dataran tinggi Jepang adalah nanakamado, semak-semak yang daunnya sama indahnya dengan momiji saat musim gugur.

         Selain itu, ada pula kusamomiji atau rumput-rumput musim gugur. Beberapa jenis rumput di rawa-rawa dan di dataran tinggi akan berubah warnanya menjadi warna kuning yang indah. Rawa di Taman Nasional Oze adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati kusamomiji.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/e/e2014_trees.html

Sumber gambar:

https://cdn.pixabay.com/photo/2020/02/15/22/55/couple-4852225_1280.jpg

https://cdn.japan-walker.net/hk/images/articles/3828/img_616d00d9097ba.jpeg

https://image.ganref.jp/photos/members/mittyan/cc25d26b5a2d4f338d7084bcf8d159d1_3.jpg