Daging Omi Hime, Daging Sapi Super Premium dari Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 03-12-2021

          Daging sapi wagyu Jepang yang kini populer di seluruh dunia memiliki lebih dari 200 varian, dengan tiga varian terbaik yaitu Omi, Matsusaka, dan Kobe. Daging sapi Omi diperoleh dari sapi Hitam Jepang yang dibesarkan di lingkungan dan perairan subur Prefektur Shiga. Karena cita rasanya yang begitu gurih dan juicy, daging Omi Hime termasuk ke dalam satu dari tiga jenis daging sapi paling berkualitas di Jepang. Kualitas tinggi Omi Hime didapat dari proses perawatan yang sangat terjamin kebersihannya, baik dari minuman yang menggunakan air khusus, hingga pakan yang diolah dengan bahan berkualitas. Tak hanya itu, sapi pun harus sering dipijat dan dibersihkan agar tidak mudah stres, karena dapat berimbas pada menurunnya kualitas daging.

          Karena tingginya kualitas yang dihasilkan, daging sapi asal Jepang memang dikenal memiliki harga yang relatif menguras kantong. Untuk daging Omi Hime saja, satu kilogramnya dibanderol dengan harga mencapai Rp 5 jutaan, lho. Bukan tanpa alasan, pasalnya tak semua sapi dari Prefektur Shiga dapat dikategorikan ke dalam jenis Omi Hime. Selain itu, seekor sapi Omi Hime hanya dapat menghasilkan sedikit daging Omi Hime berkualitas, yakni ada di bagian punggungnya saja.

          Selain harganya yang selangit, salah satu keistimewaan Omi Hime adalah dagingnya yang hanya berasal dari sapi betina. Ya, sesuai namanya, ‘hime’ sendiri dalam bahasa Jepang berarti puteri raja yang merujuk pada sapi betina berkualitas. Meski begitu, tak semua sapi betina dapat disebut Omi Hime. Hanya sapi betina yang lolos kualifikasi serta masih perawan saja yang masuk ke jenis Omi Hime.

          Layaknya sashimi, daging Omi Hime juga dapat disantap langsung tanpa melalui proses pemasakan, lho. Meski begitu, rasanya tetap manis dan lembut tanpa mengeluarkan bau amis sedikit pun. Hal ini disebabkan karena daging Omi Hime memiliki serat lemak cukup banyak di seluruh lapisan dagingnya. Sebaliknya, bila dimasak terlalu matang, daging Omi Hime malah akan kehilangan rasa manis dan lembut yang menjadi daya tariknya.

          Saat proses pemeliharaan, tak jarang sapi Jepang akan diberi tambahan suplemen berupa sake atau bir agar cita rasa dagingnya lebih lezat. Namun lain halnya dengan daging Omi Hime, sapi hanya diberi makan, minum, serta suplemen dari bahan-bahan alami tanpa campuran alkohol. Tak hanya itu, proses pemotongan sapi Omi Hime juga telah mengikuti aturan dan kualifikasi dari lembaga makanan halal di Jepang. Jadi, dijamin sangat terjamin kualitas dan keamanannya.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://kumparan.com/kumparanfood/5-fakta-omi-hime-daging-sapi-super-mahal-asal-jepang-27431110790546400/full

https://www.ana.co.jp/id/id/japan-travel-planner/shiga/0000013.html

Sumber gambar:

https://whatsnewindonesia.com/jakarta/wp-content/uploads/sites/2/2019/09/Omi-Hime-1.jpeg

-https://savorjapan.com/gg/content_image/t0301_015.jpg