Abashiri Drift Ice (流氷; Ryuhyo), "Memecah" Es di Laut Okhotsk Hokkaido

Ditulis oleh: Administrator, 30-12-2021

           Sapporo atau Hakodate merupakan kota yang sudah diketahui oleh sebagian besar wisatawan yang suka traveling ke Jepang, utamanya Hokkaido, namun, apakah kalian tau kalau di Hokkaido terdapat laut bernama Laut Okhotsk di dekat Kota Abashiri? Laut ini adalah wilayah paling selatan di belahan bumi utara untuk melihat es yang berhanyutan di atas laut, yang dalam bahasa Jepang disebut dengan 流氷 (ryuhyo). Es-es ini biasanya mencapai pantai di sekitar Abashiri pada pertengahan Januari dan akan menghilang pada akhir Maret hingga April. Namun, karena pemanasan global, ketebalan es berkurang cukup banyak sejak akhir 1980-an.

           Salah satu cara termudah untuk melihat “ryuhyo” adalah dari Aurora Sightseeing Boat, karena es tidak selalu terlihat dari pantai. Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Abashiri dan memakan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di titik di mana kita bisa melihat es-es yang hanyut di atas laut tersebut dengan jelas. Saat menaiki kapal tersebut, kita akan merasa seakan-akan kapal memecah es-es di atas lautan saat melewatinya.

abashiri-2Kereta Ryuhyo Norokko

           Namun, tidak hanya dengan naik kapal, saat cuaca sedang baik, “ryuhyo” juga dapat kita amati dengan naik kereta antara Stasiun Abashiri dan Shiretoko-Shari. Kereta Ryuhyo Norokko memiliki jendela panorama yang lebar dan beroperasi di sepanjang pantai selama musim “ryuhyo”. Kita juga bisa mempelajari ilmu pengetahuan tentang es laut dan hewan-hewan yang hidup di bawah es melalui film pendek yang ditayangkan di Okhotsk Ryuhyo Museum di Gunung Tento di Abashiri.

abashiri-4
Okhotsk Ryuhyo Museum

           Pada tahun 2022, Aurora Sightseeing Boat akan beroperasi dari tanggal 20 Januari hingga 3 April. Untuk menaiki kapal ini pengunjung harus membayar sebesar 3500 yen. Sedangkan untuk masuk ke museum, diperlukan biaya sebesar 770 yen.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/e/e6868.html

https://www.japan-guide.com/e/e6865.html

Sumber gambar:

http://ene-fro.com/article/ef189_a1/image/main.jpg

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/be/Ryūhyō_norokko11.JPG

https://miho-nakahara.com/wp-content/uploads/2016/06/image-187.jpeg