Ekiben, Menikmati Bento di dalam Kereta

Ditulis oleh: Administrator, 06-01-2022

           Banyak dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ‘bento’, kan? Nah, tapi apakah kalian sudah pernah mengenal ‘ekiben’? Ekiben’ berasal dari dua kata, yaitu ‘eki’ dan ‘ben’ yang merupakan kependekan dari ‘bento’. ‘Eki’ memiliki arti ‘stasiun’, sedangkan ‘ben’ atau ‘bento’ adalah bekal makan, sehingga, ‘ekiben’ adalah bekal makan stasiun. Apa sih maksudnya? Ekiben merupakan bento unik yang dijual di stasiun kereta api yang didesain untuk dinikmati dalam perjalanan panjang saat naik kereta.

           Sejak tahun 1880-an, di mana ada stasiun kereta, maka ada ekiben. Ekiben sudah lama menjadi sebuah ‘jendela’ di mana orang-orang dapat menikmati masakan daerah-daerah tertentu di Jepang. Hinga saat ini, stasiun kereta api di setiap prefektur menjual ekiben yang unik. Seringkali, ekiben paling dikenal dengan sajian hidangan yang hanya dapat ditemukan di area tertentu, bahkan terkadang hanya di stasiun tertentu saja!

           Beberapa ekiben juga disajikan secara unik yang dapat kita lihat dari tempatnya. Salah satu contohnya adalah Shinkansen E7 Kei Bento yang dapat dibeli di Ekibenya Matsuri di Stasiun Tokyo. Ekiben ini disajikan dalam wadah berbentuk shinkansen, dan wadah tersebut dapat disimpan dan digunakan kembali. Ekiben ini biasanya berisi seafood onigiri, acar lobak, gorengan udang dan ayam, serta kue.

           Ada pula Ekiben Aji Oshizushi, yaitu horse mackerel yang diletakkan di atas nasi, merupakan salah satu tradisi ekiben yang sudah berlangsung selama lebih dari 100 tahun. Ekiben ini dapat ditemukan di Stasiun Ofuna di dekat Kota Kamakura.

ekiben-1

Aji no oshizushi

           Ekiben unik yang lain adalah Masu no Sushi. Ekiben ini juga merupakan ekiben tradisional yang memiliki bentuk seperti bunga. Ikan salmon dan ikan trout yang tekan dengan nasi, semuanya dibungkus rapi dengan daun bambu. Ekiben ini dapat dibeli di Stasiun Toyama, Prefektur Toyama.

ekiben-3Masu no Sushi 

           Satu lagi jenis ekiben yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu Daruma Ekiben. Ekiben ini disimpan di dalah kotak plastik berwarna merah berbentuk daruma. Di dalamnya, kalian bisa menikmati produk lokal terbaik Prefektur Gunma, seperti nasi, sayuran, ayam, dan konnyaku.

ekiben-4Daruma Ekiben 

           Nah, jika kalian naik kereta untuk perjalanan panjang di Jepang, jangan lupa untuk mencoba ekiben-ekiben unik yang ada di setiap daerah ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/ad/ekiben/

https://www.jrailpass.com/blog/best-ekiben-japan-stations

https://www.jrpass.com/blog/guide-to-ekiben-the-best-bento-box-for-on-the-train

Sumber gambar:

https://cdn.goope.jp/49213/170703131307-5959c453201ff.jpg

https://pbs.twimg.com/media/E2XnI8RUUAQJgjV?format=jpg&name=large

https://otokonokakurega.com/wp-content/uploads/2020/07/ea2188e5c4dab8bc1b66af968c2921fa-1-1250x911.jpg

https://sou3.jp/wp-content/uploads/2017/09/IMG_2780.jpg