Aktivitas Seru saat Berkunjung ke Pasar Tsukiji

Ditulis oleh: Administrator, 21-01-2022

           Pasar Tsujiki adalah pasar buah, sayuran, dan ikan yang memiliki sejarah panjang di Tokyo. Pasar ini bahkan menjadi tempat penjualan seafood terbesar di dunia. Baik di jonai (bagian dalam pasar), di mana transaksi berlangsung, maupun di jogai (bagian luar pasar) yang merupakan distrik perbelanjaan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak konsumen. Apa saja sih yang bisa kita lakukan di Pasar Tsukiji ini?

1. Menyaksikan pelelangan Tuna

Picture1

           Menonton pelelangan tuna adalah aktivitas yang populer dilakukan di Pasar Tsukiji. Ini adalah kesempatan langka di mana pengunjung bisa menyaksikan proses transaksi jual beli tuna yang merupakan komponen penting masakan Jepang seperti sushi dan sashimi. Pelelangan dilakukan setiap hari dalam 2 sesi, yaitu pada pukul 05.50-06.05 dan pukul 06.05-06.20 pagi.

           Resepsionis acara lelang ini bertempat di Fish Information Center yang letaknya berdekatan dengan Pasar Tsukiji. Resepsionis mulai menerima reservasi dari jam 5 pagi. Namun, reservasi akan dibuka lebih awal jika jumlah partisipannya banyak. Reservasi akan ditutup jika kapasitas sudah mencapai 120 orang.

2. Eksplorasi bagian dalam pasar

           Bagian pasar dikenal sebagai nakaoroshi uriba, di mana para staf restoran berbelanja, dapat diobservasi setelah jam 11 pagi (tidak diperbolehkan memotret). Pengunjung harus mengisi formulir terlebih dahulu jika ingin mengobservasi tempat ini bersama grup.

           Transaksi jual beli biasanya berlangsung dari pagi. Menyaksikan para pedagang membawa dagangan mereka menjadi kegiatan yang menarik.

3. Makan sushi segar

pixta-31706107-M

           Sushi Zanmai adalah salah satu restoran sushi yang memiliki 10 cabang di dekat Pasar Tsukiji. Mereka dikenal dengan keahliannya memproses tuna. Restoran ini menawarkan berbagai hal, salah satunya adalah sistem buka 24 jam. Selain itu, restoran ini juga menyediakan sistem tempat duduk tipe kaitenzushi (conveyor belt) dan tipe konter. Silakan pilih tipe tempat duduk sesuai dengan selera kalian.

           Selain itu kalian dapat menikmati sushi di Tsukiji Sushi Ichiban yang dapat dicapai dengan 5 menit berjalan kaki dari Pasar Tsukiji. Di sini para pengunjung bisa menonton proses pemotongan tuna secara gratis!

4. Menikmati kuliner lezat selain sushi

           Makanan yang tersedia di Tsukiji tidak hanya terbatas pada sushi dan seafood. Makanan yang dimaksud adalah tamagoyaki (omelet gulung), yang merupakan topping populer untuk sushi dan juga salah satu makanan spesialisasi Tsukiji. Kalian bisa menikmati makanan lezat ini di restoran dan toko yang berlokasi di jogai.

           Di kedai Yamacho, kalian bisa menikmati tamagoyaki yang lezat dengan harga yang terjangkau, mulai dari 100 yen saja. Kalian juga bisa melihat langsung bagaimana koki kedai memasak makanan ini.

5. Menikmati arsitektur unik Tsukiji Hongan Ji

2019-Tsukiji-Honganji

           Tsukiji Hongan-ji adalah kuil yang berlokasi di dekat Stasiun Tsukiji (Hibiya Line). Kuil ini menarik perhatian banyak orang karena dibangun berdasarkan model arsitektur Buddha India kuno dan tampil mencolok dibanding kuil Jepang lainnya. Selain ziarah kuil, di sini para pengunjung juga bisa mengunjungi restoran, kafe, dan toko yang menjual barang-barang khusus. Ornamen gelas dan organ pipa yang berada di aula utama adalah salah satu bagian dari kuil yang menjadi daya tarik utama.

6. Tsukishima Monja Street

543113af94f08-cfd5-4d97-a5c9-b7181a786496-lMonjayaki

           Tsukishima adalah area yang berlokasi dekat dengan Tsukiji. Area ini terkenal dengan monjayaki-nya yang merupakan kuliner pinggir jalan di Tokyo. Monjayaki adalah makanan yang dibuat dari terigu dan air yang kemudian dicampur dengan cincangan sayuran dan seafood. Anda bisa menikmati makanan ini sambil menggorengnya di atas wajan.

           Distrik perbelanjaan Nishinaka-dori di Tsukishima dikenal dengan nama "Tsukishima Monja Street" karena banyaknya restoran monjayaki yang tersebar di sini.

           Nah, jadi jika kalian berkesempatan bermain ke Pasar Tsukiji, jangan lupa untuk melakukan kegiatan-kegiatan seru di atas ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://matcha-jp.com/id/6267

Sumber gambar:

https://www.nippon.com/hk/ncommon/contents/guide-to-japan/413217/413217.jpg

https://liburankejepang.com/wp-content/uploads/2018/10/toyosu-tempo-co-e1539243128742.jpg

https://favy-tokyo.s3.amazonaws.com/uploads/topic/image/29839/pixta_31706107_M.jpg

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4f/2019_Tsukiji_Honganji.jpg

https://static.retrip.jp/article/54311/images/543113af94f08-cfd5-4d97-a5c9-b7181a786496_l.jpg