Bunga Sakura yang “Bermekaran” di Museum teamLab Forest Fukuoka

Ditulis oleh: Administrator, 24-02-2022

              Kalian pasti sudah tidak asing dengan teamLab bukan? Sebelumnya, kami sudah pernah membahas tentang teamLab, yaitu sebuah grup yang menciptakan karya senin dengan teknologi digital canggih di Jepang sejak tahun 2018. Di Jepang, teamLab sudah menyelenggarakan pameran di beberapa tempat seperti Tokyo, Saitama, Osaka, dan Fukuoka. Pameran dengan konsep musim semi yang akan datang bertempat di Fukoka, tepatnya di Museum teamLab Forest.

              Bunga sakura akan “bermekaran” di museum teamLab Forest mulai tanggal 1 Maret 2022 nanti. Selain bunga sakura, akan ada pula hewan-hewan yang terbuat dari bunga sakura “berkeliaran” pada saat pameran sedang berlangsung. teamLab Forest adalah museum di mana kita bisa melakukan kegiatan yang interaktif yang memiliki dua konsep “hutan”, yaitu “Catch and Collect Forest” dan “Movement Forest”. Kita bisa menggunakan smartphone kita untuk belajar tentang hewan, serta kita juga bisa menlintasi lanskap tiga dimensi yang kompleks di seluruh museum untuk menjelajahi dunia yang indah dan penuh warna.

              Selain dua konsep tersebut, tentunya di beberapa bagian museum juga memiliki tema yang berbeda-beda. Contohnya adalah display “Shifting Valley, Living Creatures of Flowers, Symbiotic Lives – A Whole Year per Year”, merupakan display yang menampilkan berbagai macam bunga di Jepang yang bermekaran di sepanjang tahun yang juga akan melayang-layang di udara lalu membentuk berbagai macam bentuk hewan. Hewan-hewan tersebut hampir tampak hidup di lanskap perbukitan dan lembah. Mereka juga akan terlihat seperti memangsa satu sama lain seperti makhluk hidup di kehidupan nyata yang berusaha untuk bertahan dalam ekosistem mereka.

              Kemudian ada pula display “Flutter of Butterflies, Ephemeral Life – A Whole Year per Year” merupakan display dengan ruangan yang gelap dan tidak ada siapapun di dalamnya, namun saat ada seseorang yang melangkah masuk ke dalam ruangan tersebut, awan kupu-kupu akan muncul di bawah kaki dan terbang ke “angkasa”. Saat ada pergerakan manusia menyentuh ruang, baik lantai maupun dinding, kupu-kupu tersebut akan bertelur dan berkembang biak, namun mereka akan mati jika mereka menyentuh diri mereka sendiri. Warna kupu-kupu berubah tergantung musim, untuk musim semi, tentutanya mereka akan berwarna merah muda.

              Pameran yang diselenggakaran oleh teamLab dibuat secara real-time melalui pemrograman komputer, apa yang kita lihat selalu berubah. Cara kita berinteraksi dengan desain-desainnya pun juga akan mempengaruhi tampilannya.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://japantoday.com/category/features/lifestyle/a-cherry-blossom-menagerie-of-animals-and-designs-is-coming-to-fukuoka%E2%80%99s-teamlab-forest-museum-1

https://soranews24.com/2022/02/19/a-cherry-blossom-menagerie-of-animals-and-designs-is-coming-to-fukuokas-teamlab-forest-museum/

https://prtimes.jp/main/html/rd/p/000000812.000007339.html

Sumber gambar:

https://www.teamlab.art/images/pc-l/26525