Ikan Mentah bagi Orang Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 04-03-2022

            Pernahkah kalian sebelumnya memakan sushi? Beberapa dari kalian mungkin ada yang kurang menyukai sushi karena salah satu bahan utama dan yang paling menonjol dari masakan ini adalah menggunakan ikan mentah. Bagi orang Indonesia yang selalu menyajikan makanan yang sudah matang maka ikan mentah akan sedikit aneh di lidah mereka untuk pertama kalinya. Berkebalikan dengan Indonesia, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang Jepang sangat menyukai ikan mentah. Tahukah kalian penyebabnya?

            Faktor utama yang mempengaruhi orang Jepang suka memakan ikan mentah karena adanya pengaruh agama Buddha dan Shinto. Agama Buddha mulai masuk ke Jepang pada abad ke-7 dan dalam ajaran agama Buddha menyantap daging hewan dilarang karena menurut kepercayaan mereka membunuh hewan bukanlah tindakan yang baik. Hal ini membuat hampir seluruh penduduk Jepang berhenti mengonsumsi daging hewan. Selain itu, dalam agama Shinto pun yang merupakan agama asli penduduk Jepang sebenarnya juga cenderung menghindari konsumsi daging hewan karena dianggap “tak bersih.”

            Pada Zaman Edo (1603-1868) dengan tujuan menambah rasa dan meningkatkan keindahan dalam penyajian makanan, penyajian masakan dengan ikan mentah pun mulai berkembang tahun demi tahun. Faktor lain yang menyebabkan masyarakat Jepang menyukai ikan mentah adalah karena daging merah dianggap dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lain. Sedangkan ikan mentah sangat menyehatkan karena tidak kehilangan asam lemak Omega-3 saat dimasak yang mana membantu kinerja otak dan kesehatan tubuh juga menjaga kesehatan jantung. Ikan juga sangat tinggi protein, rendah karbohidrat dan lemak jenuh. Selain itu keadaan geografis Jepang yang merupakan negara kepulauan sama seperti kita juga menjadi salah satu faktor pendorong masyarakat Jepang menggunakan ikan dalam masakannya.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://japanesestation.com/culture/tradition/mengapa-orang-jepang-suka-makan-ikan-mentah

https://japanyugen.com/the-reason-why-the-japanese-eat-raw-fish/#Why_do_the_Japanese_Eat_Raw_Fish

Sumber gambar:

https://lmg.jj20.com/up/allimg/tp10/21092611443J630-0-lp.jpg