5 Fakta Mengenai Natto, Makanan Fermentasi Kedelai Ala Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 17-03-2022

Kita tentu tidak asing dengan tempe, makan fermentasi dari kedelai yang mengandung banyak gizi dan bahkan sudah dikenal di beberapa negara. Namun taukah kalian jika Jepang juga memiliki makanan fermentasi kedelai versi mereka sendiri yang bernama natto. Berbeda dengan tempe, natto bertekstur lengket dan mengeluarkan bau yang cukup menyengat. Meskipun begitu, seperti halnya tempe natto juga sangat bergizi lho. Berikut fakta-fakta menarik tentang natto yang mesti kalian tahu.

1. Dibuat secara tidak sengaja

Pada tahun 1500-an di masa Uesugi Kenshin di Jepang, setelah perang usai, orang-orang menyadari bahwa kedelai yang mereka simpan sudah membusuk dan mengeluarkan lendir ketika diaduk. Namun tidak disangka, ternyata bagi mereka kedelai tersebut justru memiliki rasa yang enak dan akhirnya tetap dikonsumsi sampai sekarang.

2. Biasa disajikan sebagai menu sarapan

Di Jepang, biasanya orang-orang mengkonsumsi natto sebagai salah satu menu sarapan mereka dengan mencampur semangkuk nasi dengan natto dan menambahkan kecap asin atau telur mentah.

3. Kaya akan gizi dan protein

Dalam 100 gram natto terkandung 212 kalori, protein, kalsium serta zat besi. Selain itu natto juga memiliki 0 lemak jenuh yang terkandung di dalamnya.

4. Tidak semua orang Jepang menyukai natto

Meskipun natto banyak dikenal sebagai sumber gizi dan protein, tapi faktanya tidak semua orang Jepang menyukai natto. Hal itu disebabkan karena natto memiliki bau yang menyengat.

5. Menghasilkan enzim nattokinase

Dalam natto, terkandung enzim bernama enzim nattokinase yang berguna sebagai antioksidan dan bagus untuk pencernaan. Selain itu enzim nattokinase ini juga dapat melarutkan gumpalan-gumpalan darah. 

            Itulah 5 fakta unik natto, fermentasi kedelai ala Jepang. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mengkonsumsi makanan fermentasi kedelai yang satu ini? Jika kalian berlibur ke Jepang tidak ada salahnya mencobanya dan membandingkannya dengan tempe.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/dwi-kurniawati-lestari/mengintip-5-fakta-natto-menu-sarapan-fermentasi-kedelai-dari-jepang-c1c2/5

Sumber Gambar : https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2020/03/24/232f0b08-50b0-4768-9eef-b29dcb7d351c.jpeg?w=700&q=90