Kuil Tsushima di Kota Mitoyo

Ditulis oleh: Administrator, 15-04-2022

             Kuil Tsushima di Kota Mitoyo, Prefektur Kagawa adalah kuil yang hanya bisa dikunjungi selama festival berlangsung, yaitu pada bulan Agustus. Tempat ini sangat terkenal di antara para pasangan dan juga keluarga yang memiliki anak kecil. Hal ini karena keindahan bangunan kuil di pulau kecil di Laut Pedalaman Seto. Selain karena keindahannya, di Kuil Tsushima ini Anda dapat meminta doa untuk kelancaran dalam proses persalinan, kesehatan anak-anak, juga berkat untuk mendapatkan pasangan.

             Pada tahun 1590 saat musim panas, warga desa di sekitar pulau mengalami kejadian aneh. Terdengar suara nyanyian seorang wanita dari pantai di mana Kuil Tsushima berada saat ini. Nyanyian tersebut merupakan sebuah wahyu yang dibawa melalui perantara seorang miko (gadis kuil) kepada warga desa.

             Suara tersebut mengatakan bahwa, "Aku adalah dewa yang tinggal di laut. Tanamlah pohon dan abadikanlah aku di pulau ini. Jika kalian melakukannya, aku akan melindungi anak-anak dan hewan ternak kalian". Setelah mendengar pesan ini, warga desa kemudian mendirikan gerbang torii di pulau ini dan mulai mengadakan festival di pulau ini.

             Setelah kejadian tersebut, ketika terjadi wabah penyakit menyebar di sekitar pulau, dikatakan bahwa hanya anak-anak dan hewan ternak di daerah dekat Kuil Tsushima yang tidak mati. Oleh karena itu, sampai sekarang banyak orang yang memiliki kepercayaan sangat kuat terhadap Kuil Tsushima.

             Dahulu, orang-orang yang berkunjung ke Kuil Tsushima pergi dengan menggunakan kapal, sehingga saat hari berlangsungnya festival sekitar pulau ini dipenuhi dengan kapal. Kemudian, pada tahun 1933 dibangun sebuah jembatan dan para pengunjung menggunakan jembatan ini untuk pergi ke Kuil Tsushima.

             Festival yang dilaksanakan selama dua hari ini menarik banyak pengunjung sebanyak 50.000 orang, termasuk anak-anak kecil yang menjadi pusat dari festival ini.

             Sebelum menyeberangi jembatan menuju Kuil Tsushima pengunjung harus membayar biaya masuk, untuk orang dewasa sekitar 300 yen per orang, untuk anak-anak 100 yen, dan untuk bayi gratis.

             Nama resmi dari jembatan ini adalah "Tsushima Bashi", tetapi penduduk lokal menyebutnya dengan "Shiawase Bashi" atau secara harfiah disebut "jembatan kebahagiaan". Jika para pengunjung menyeberangi jembatan ini, dipercaya akan memberikan kebahagiaan. Selain pada saat diadakannya festival, jembatan untuk menuju ke kuil ditutup. Namun, para pengunjung masih bisa datang sampai ke pintu masuk jembatan.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://matcha-jp.com/id/7696

Sumber gambar:

https://pbs.twimg.com/media/EckijuJUEAA-LTL?format=jpg&name=large