Shincha, Teh Hijau Pertama dalam Satu Tahun yang Dipanen saat Musim Semi

Ditulis oleh: Administrator, 21-04-2022

             Pernahkah kalian mendengar tentang Shincha (新茶)? Shincha, yang diartikan “teh baru” dalam Bahasa Indonesia, merupakan teh hijau pertama dalam satu tahun yang dipanen saat musim semi. Shincha berasal dari daun teh terbaik yang hanya tersedia dalam jumlah terbatas selama musim semi yang menjadikannya teh yang sangat mahal.

             Sebelum kulkas atau pendingin modern diciptakan, teh hijau akan dengan cepat kehilangan kesegarannya. Orang-orang di Jepang harus minum teh basi setelah panen musim panas. Oleh karena itu, orang-orang Jepang memanggang teh yang sudah berumur cukup tua ke dalam hojicha, atau menambahkan nasi panggang untuk membuat genmaicha. Namun, tidak ada yang lebih baik dari rasa teh hijau segar sehingga para pecinta teh sangat menantikan musim semi di bulan April. Kata “Shincha” kemudian digunakan untuk membedakan teh yang baru dipanen dengan teh yang dipanen di tahun sebelumnya, atau di waktu setelah Shincha sudah dipanen.

             Shincha dibudidayakan dengan cara yang sama seperti teh sencha, hanya saja Shincha berasal dari panen yang paling pertama sehingga dikenal dengan daun teh terbaik. Panen di musim semi dimulai sekitar pertengahan hingga akhir bulan April di Kagoshima yang merupakan prefektur penghasil teh paling besar di bagian selatan Jepang. Di Prefektur Shizuoka, panen musim semi dimulai di akhir bulan April. Musim panen berlangsung selama beberapa minggu dan berakhir di bulan Mei. Semakin dini teh dipanen, semakin tinggi kualitas dan harganya, sehingga petani berusaha memanen daunnya sedini mungkin selagi daun masih muda dan empuk. 

             Selama musim dingin, tanaman teh menyimpan mineral dan nutrisi, seperti asam amino yang kemudian dilepaskan ke berbagai bagian tanaman saat mulai bertunas. Hal tersebut memberikan Shincha rasa manis yang khas dibandingkan dengan teh hijau Jepang lainnya. Shincha tidak hanya terbuat dari daun dengan kualitas terbaik, tetapi juga merupakan teh paling segar yang bisa kita nikmati.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:
https://www.sugimotousa.com/blog/what-is-shincha
https://teapedia.org/en/Shincha
Sumber gambar:
https://www.shizen-taiyo.com/blog/upload-images/20215416246.JPG