Shanshin, Alat Musik Khas Okinawa

Ditulis oleh: Administrator, 06-05-2022

           Berbicara tentang alat musik, secara umum yang kita tahu mungkin piano, gitar,  drum, seruling, atau biola. Namun, apakah kalian tahu alat musik yang bernama Sanshin?  Sanshin ini tidak lain adalah sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Prefektur Okinawa, Jepang.  Sanshin digunakan secara dipetik dan  hanya memiliki tiga senar saja. Karena alat ini memiliki tiga senar, maka alat ini dinamakan 'Sanshin (三線)'. 

           Sanshin terdiri atas dua bagian, yaitu leher dan badan. Bagian leher dibuat dari kayu hitam Ryukyu yang diproses melalui tahap pengasapan yang cukup lama. Sementara badan alat musik ini terbuat dari empat lembar kayu yang dilapisi kulit ular. Alat musik ini memiliki bunyi yang khas sekali.  Dalam sejarahnya, Sanshin berasal dari daratan Tiongkok,  kemudian diperkenalkan di Okinawa sekitar 600 tahun lalu. Sanshin biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional rakyat Okinawa,  tetapi saat ini alat musik yang memiliki bunyi khas ini dicampurkan dengan alat musik modern. Tertarik untuk memainkan alat musik satu ini? 

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://m.liputan6.com/global/read/111472/sanshin-alat-musik-dari-okinawa

Sumber gambar:

https://www.airent.co.jp/airent/wp-content/uploads/2020/05/75ce54d7e1cb2f0ea0c8fd60e230478a-768x768.jpg