5 Teh Jepang yang Menyegarkan saat Musim Panas

Ditulis oleh: Administrator, 12-08-2022

            Memasuki bulan Agustus adalah bulan di mana musim panas di Jepang terasa sangat panas. Biasanya di saat seperti ini, orang Jepang akan pergi mendaki gunung atau ke pantai, mencari kesegaran di tengah-tengah musim yang panas ini. Selain itu, mereka juga tentunya mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyegarkan, salah satunya adalah berbagai maca teh Jepang yang kaya akan mineral dan antioksidan. Berikut adalah 5 jenis teh di Jepang yang sering dikonsumsi saat musim panas:

1. Mizudashi Ryokucha

            Mizudashi adalah kosa kata Jepang yang memiliki arti cold brew. Ryokucha, salah satu jenis teh hijau Jepang yang diseduh dengan air dingin dapat mengeluarkan rasa yang lebih lembut dan lebih manis. Yang paling penting saat bulan-bulan musim panas, menyeduh teh dengan car aini dapat menurunkan jumlah kafein, sehingga membuatnya lebih mennghidrasi tubuh kita. Ditambah lagi, apabila diseduh dengan jangka waktu yang lama, kandungan vitamin C dalam teh tersebut juga dapat bertahan lama.

2. Sanpincha

            Sanpincha merupakan teh tradisional asal Okinawa dengan rasa yang hampir mirip dengan teh jasmin Tiongkok yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan mineral. Sebelum resmi menjadi bagian dari pulau di Jepang, Okinawa yang dulunya adalah Kerajaan Ryukyu memiliki hubungan yang kuat dengan Tiongkok. Oleh karena itu, sanpincha juga dikembangkan di Okinawa sebelum akhirnya populer di seluruh Jepang. Sanpincha menggunakan teh semi-teroksidasi sebagai bahan dasarnya, membuatnya lebih mirip seperti teh oolong.

3. Kuromamecha

image

            Kuromamecha adalah teh herbal yang dibuat melalui pemanggangan kedelai hitam yang sebagian besar ditanam di wilayah Hokkaido. Dikenal karena rasanya yang manis dan sedikit pedas, teh ini biasanya direndam menggunakan kacang utuh yang dapat dikonsumsi untuk serat tambahan setelah selesai digunakan untuk menyeduh teh. Kuromamecha populer karena memiliki kandungan anti-aging karena tingginya antioksidan seperti anthocyanin.

4. Mugicha

image

            Mugicha adalah salah satu minuman teh paling populer saat musim panas di Jepang. Mugicha diseduh dari biji jelai (barley) panggang, menghasilkan aroma dan rasa yang kaya. Mugicha sebenarnya dapat diminum sepanjang tahun, namun mugicha yang diseduh dengan air dingin dipercaya dapat mendinginkan tubuh secara menyeluruh dan mengisi kembali nutrisi yang hilang.

5. Hojicha

            Teh hojicha biasanya dikaitkan dengan musim gugur dan musim dingin. Namun, hojicha memiliki kandungan kafein yang rendah dan rasa manis yang melekat sehingga menghasilkan secangkir the yang lezat sebagai minuman dingin. Hojicha dibuat dengan mengukus dan kemudian memanggang daun teh hijau pada suhu tinggi sehingga dikenal dengan rasa umami yang dalam.

            Jadi, apakah kalian tertarik untuk mencoba teh-teh segar di atas?

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://savvytokyo.com/refreshing-leaves-5-summertime-teas-to-help-beat-the-heat/

Sumber gambar:

https://cdn-ak.f.st-hatena.com/images/fotolife/k/kirishimaonsen/20210624/20210624113522.jpg

https://www.megalos.co.jp/blog/wp-content/uploads/2019/07/e9e8c671f45f7f250eace2c20d215531.jpg

https://image-select.mamastar.jp/interspace/wp-content/uploads/1653377616-4dbf35e1ade1ab1d97ef421e01c3a29f-1200x800.jpg