Segel tanda mengunjungi kuil, Goshuin (御朱印)

Ditulis oleh: Administrator, 19-08-2022

           Apa itu Goshuin? Goshuin secara harfiah dalam bahasa Jepang memiliki arti "segel merah", dan merupakan segel dekoratif yang disediakan kuil sebagai tanda seseorang sudah mengunjungi kuil tersebut. Segel ini ditulis tangan oleh para biksu, yang mengandung makna simbolis, agama, dan sejarah. Goshuin biasanya dibuat dengan kombinasi stempel warna merah dan kaligrafi hitam yang mencatat nama kuil, tanggal kunjungan, dan beberapa stempel hias.

           Terkadang pengunjung bisa mendapatkan stempel edisi terbatas untuk merayakan festival, liburan, atau acara lainnya. Dan karena setiap kuil memiliki stempel uniknya masing-masing, ada banyak variasi desain yang dapat berubah sepanjang tahun.

           Dalam beberapa tahun terakhir, mengoleksi Goshuin semakin populer sebagai sebuah hobi.  Akhir-akhir ini juga banyak muncul "Gadis Goshuin" yang rela mengantre lama untuk mendapatkan Goshuin edisi terbatas lalu mempostingnya ke Instagram mereka. Popularitas yang meningkat membuat kuil banyak mengeluarkan buku dan aksesoris Goshuin lucu yang bisa dibeli di toko alat tulis di seluruh Jepang, sehingga membuat mengoleksi Goshuin menjadi semakin menyenangkan.

           Kebanyakan Goshuin dikumpulkan di dalam buku khusus yang disebut Goshuincho. Buku-buku ini biasanya dibuat dengan penjilidan bergaya akordeon dengan kertas Jepang berkualitas tinggi yang dapat menahan tinta tanpa mengeluarkan noda atau membuat melengkung.

           Buku-buku ini bisa ditemukan di banyak kuil, dan biasanya berharga sekitar 1.500 yen. Jika diperhatikan, beberapa Goshuincho memiliki desain sampul yang sangat unik dan indah. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, untuk Goshuincho yang lebih modern dan bergaya lucu dapat dibeli di toko alat tulis atau toko buku.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.tsunagujapan.com/complete-beginner-s-guide-to-collecting-goshuin-japan-s-beautiful-temple-stamps/

Sumber gambar:

https://d20aeo683mqd6t.cloudfront.net/articles/title_images/000/039/429/original/pixta_7693035_M.jpg?2019&d=750x400