Prajurit Petani Jepang, Ashigaru (足軽)

Ditulis oleh: Administrator, 26-08-2022

            Pada abad ke-17, samurai dianggap sebagai prajurit elit dan merupakan anggota kelas penguasa di Jepang. Para samurai itu dilahirkan, bukan dibuat, seseorang harus berasal dari keluarga samurai agar bisa dianggap sebagai samurai. Status tinggi mereka dinyatakan oleh daisho, atau dilihat dari sepasang pedang (Katana dan Wakizashi) yang dikenakan di pinggang setiap samurai dengan bangga. Samurai memang terkenal, tetapi tulang punggung tentara mana pun pada abad tersebut di Jepang adalah ashigaru, atau "prajurit kaki ringan". 

            Pada awalnya sebagian besar Ashigaru adalah petani pelarian yang bergabung dengan tentara untuk mencari jarahan, tetapi pada akhir periode di tahun 1600 sebagian besar Ashigaru adalah tentara profesional yang terlatih. Sebelumnya rata-rata Ashigaru disebut sebagai "Ji-zamurai" atau "samurai yang ada di tanah". Seorang prajurit paruh waktu yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di ladang atau di sawah. Ji-zamurai akan mengangkat senjata hanya atas perintah tuannya. Mereka menghabiskan banyak waktunya di pertanian yang membuat mereka biasanya kurang terlatih untuk kehidupan militer.

            Ashigaru yang paling terkenal adalah Toyotomi Hideyoshi, yang lahir dari petani sederhana kemudian menjadi penguasa Jepang yang tak terbantahkan. Hideyoshi adalah anak angkat seorang ashigaru yang bekerja di bawah Oda Nobunaga, daimyo pemersatu Jepang. Meskipun agak diperdebatkan, dikatakan bahwa Hideyoshi awalnya adalah pembawa sandal Nobunaga. Terlepas dari posisi awalnya itu, setelah serangkaian keberhasilan dia kemudian dipercaya dan naik menjadi salah satu jenderal perang Oda Nobunaga.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

 Sumber:

https://warfarehistorynetwork.com/japanese-ashigaru-the-samurai-of-the-land/

Sumber gambar:

https://images.saymedia-content.com/.image/ar_16:9%2Cc_fill%2Ccs_srgb%2Cfl_progressive%2Cq_auto:eco%2Cw_1200/MTc4MTU5MDYyNzM4MzQ3NjI0/how-samurai-battles-were-fought.jpg