Berbagai Jenis Yakitori di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 28-10-2022

             Yakitori adalah salah satu masakan Jepang yang terbuat dari daging ayam dan bahan-bahan lainnya yang dipotong kecil-kecil, ditusuk seperti sate, kemudian dibakar.

             Yakitori dibumbui saat dibakar. Bumbu yang digunakan terdiri dari dua macam, yaitu saus (tare) dan garam (shio). Bumbu garam menghasilkan rasa yang sederhana, sedangkan bumbu saus berbahan dasar shoyu menghasilkan rasa manis dan asin. Namun, tahukah kalian, kalau sebenarnya yakitori di Jepang itu terdapat berbagai macam jenis. Yuk simak selengkapnya!

1. Hatsu

             Hatsu adalah jantung ayam. Organ yang hanya ada satu buah dalam setiap ekor ayam ini teksturnya kuat dan mantap dengan sedikit aroma "besi". Hatsu yang ada pada gambar di atas disebut dengan "maruhatsu" yaitu bagian dalam jantung yang dibalik sehingga berbentuk menyerupai kerucut. Maruhatsu memiliki lemak yang lebih banyak dari hatsu dan tekstur yang lunak.

2. Seseri

             Seseri adalah daging ayam bagian leher. Leher adalah bagian tubuh ayam yang sering digerakkan sehingga menghasilkan daging bertekstur mantap dan padat dengan rasa daging yang begitu terasa.

3. Sunagimo

             Sunagimo berarti ampela, salah satu organ pencernaan ayam. Teksturnya kenyal dan renyah saat dikunyah. Bagian ini cenderung kering dan tidak berbau sehingga rasa aslinya sangat terasa. Oleh karena itu cocok dibumbui dengan garam dan merica daripada bumbu saus yang kental.

4. Tsukune

             Tsukune adalah daging ayam giling yang dibentuk bulat, salah satu menu yang cukup merepotkan untuk dibuat. Bola-bola daging ayam ditusuk seperti sate sebelum dibakar. Rasa tsukune berbeda-beda tergantung kedainya, jadi jangan lupa pesan tsukune saat makan di kedai yakitori ya!

5. Sorisesu

             Sotlylaisse atau soriresu dalam cara baca Jepang, berasal dari bahasa Perancis yang berarti "orang bodoh menyisakan bagian itu". Soriresu adalah bagian sendi yang terdapat pada paha bawah ayam. Bagian yang hanya terdapat dua buah dalam setiap ekor ayam ini merupakan titik sendi alat gerak ayam yang sering digerakkan sehingga dagingnya bertekstur mantap dan gurih.

6. Kokoronokori

             Kokoronokori adalah bagian yang menghubungkan jantung dan hati ayam. Bagian ini merupakan sisa-sisa jantung sehingga disebut dengan kokoronokori (jantung ditulis dengan kanji 心臓 dan 心 dapat dibaca dengan 'kokoro', sementara nokori berarti 'sisa'). Bagian ini banyak memiliki lemak dan mudah tercampur dengan bumbu saus daripada dengan bumbu garam, sehingga lebih nikmat disajikan dengan bumbu saus. Bagian ini juga disebut dengan kan (pembuluh darah), tsunagi (penyambung), akahimo, dan sebagainya.

7. Negima

             Bicara soal yakitori, biasanya yang terlintas di benak orang-orang adalah "negima". Menu ini adalah menu yakitori standar yang terbuat dari daging ayam bagian atas dipadu dengan daun bawang yang rasa dan romanya pas dengan daging ayam.

8. Kawa

             Kawa adalah kulit ayam. Bagian ini berlemak dengan tekstur kenyal yang mantap. Bagian kulit ayam yang digunakan berbeda-beda tergantung kedainya. Foto di atas adalah yakitori yang menggunakan kulit leher.

9. Nankotsu

             Nankotsu adalah tulang lunak yang biasa ada di persendian ayam. Pada dasarnya tulang lunak tidak memiliki rasa, hanya teksturnya saja yang renyah. Bagian ini termasuk rendah kalori, jadi cocok bagi Anda yang takut makan kalori terlalu banyak.

10. Reba (Liver)

             Reba (liver) adalah hati ayam. Teksturnya empuk, lembut, dengan rasa yang kental di lidah. Meskipun banyak yang tidak menyukai bagian ini, tidak ada salahnya mencoba pesan saat makan di kedai yakitori. Hati ayam yang segar tidak begitu berbau dan menghasilkan rasa yang gurih di dalam mulut. Biasanya hati ayam dibumbui dengan saus.

             Yakitori adalah kuliner yang tidak boleh dilewatkan pecinta daging. "Sate khas Jepang" ini dijual mulai dari di kedai-kedai yang harganya terjangkau sampai restoran-restoran berkelas. Temukanlah tempat yang pas dengan selera dan budget Anda untuk pengalaman makan yakitori yang tak terlupakan.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://matcha-jp.com/id/3223

Sumber gambar:

https://yakitorizyuuhatiban.eeat.jp/wp-content/data/yakitorizyuuhatiban/yakitorio-doburu.jpg