Yuzu Kosho, Saus Fermentasi dari Kyushu

Ditulis oleh: Administrator, 23-12-2022

          Yuzu Kosho (柚子胡椒) adalah saus yang berasal dari Kyushu, Jepang. Saus ini adalah pasta fermentasi yang terbuat dari cabai, kulit jeruk Yuzu, dan garam. Yuzu Kosho adalah salah satu bentuk saus seperti pasta yang digunakan untuk saus cocolan atau campuran untuk hot pot, sup miso, sashimi, tempura dan campuran salad.

          Menurut sejarah, Yuzu Kosho berasal dari daerah Hita, Prefektur Oita dan daerah Soeda, Prefektur Fukuoka. Ada beberapa desa di Hita dengan budidaya pohon Yuzu yang memproduksi Yuzu Kosho secara turun temurun. Saat ini Yuzu Kosho sudah diproduksi secara massal dan menjadi salah satu kondimen yang populer. Para produsen skala besar juga sudah memulai menggunakan Yuzu Kosho untuk penyedap produk mereka, seperti produsen snack Calbee yang membuat makanan ringan berupa kripik kentang yang diberi rasa Yuzu Kosho. Kemudian ada pula produsen Ezaki Glico menambahkan rasa Yuzu Kosho pada snack Pretz, salah satu snack terkenal mereka, dan lain-lain.

          Kita juga bisa membuat Yuzu Kosho sendiri di rumah dengan mencampurkan cabai, kulit yuzu segar dan garam. Tumbuk dengan lesung atau dengan food processor, lalu tuangkan jus yuzu. Pindahkan ke dalam wadah dan diamkan di lemari es selama satu minggu. Setelah satu minggu Yuzu Kosho siap digunakan untuk menambahkan rasa dalam makanan yang kita buat.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Yuzu_kosh%C5%8D

https://www.justonecookbook.com/yuzu-kosho/