Oshie Hagoita (羽子板)

Ditulis oleh: Administrator, 06-01-2023

          Di Jepang, ada permainan tradisional yang biasa dilakukan saat tahun baru, yaitu Hanetsuki. Cara bermainnya adalah dengan memukul "hane" atau kok dari biji tumbuhan yang telah dipasangi bulu unggas menggunakan raket dari papan (seperti bulu tangkis tanpa net). Raket yang digunakan dalam permainan Hanetsuki disebut dengan Hagoita (羽子板). Benda ini oleh masyarakat Jepang juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan di tahun baru. Hagoita yang dibuat di Kota Kusakabe, Prefektur Ibaraki adalah salah satu Hagoita yang memiliki motif yang unik, yaitu Hagoita yang dilukis dengan motif gambar Oshie.

          Oshie adalah  motif gambar pemain kabuki karya para seniman Ukiyoe (ilustrasi tradisional khas Jepang) yang ditempelkan pada Hagoita. Oshie adalah kerajinan yang dibuat dengan cara menggunting kertas tebal yang diberi kapas dan dibungkus kain yang indah lalu menempelkannya pada suatu benda.

          Pada umumnya proses pembuatan Oshie Hagoita terbagi dalam beberapa tahap. Pertama-tama, tukang kayu akan memotong kayu dengan bentuk melebar ke atas seperti kipas sebagai papan Hagoita. Pelukis spesialis latar belakang akan melukis gambar sesuai tema atau yang dapat membawa keberuntungan. Terakhir, ahli Oshie akan membungkus kapas di komponen Hagoita dengan kain dan tinggal merangkainya seperti puzzle, lalu selesailah pembuatan Oshie Hagoita.

          Selain untuk hiasan, ada banyak variasi Hagoita, mulai yang dapat dijadikan hadiah perayaan ulang tahun anak sampai jimat pembawa keberuntungan untuk dipasang di kamar.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://matcha-jp.com/id/3614

Sumber gambar:

https://wjp.usmall.online/images/auctions15/6872e0833606c3265581645c5a7b5634-i-img1200x1200-16576979759ryiev663165.jpg