Yakushima, Pulau dengan Hutan Indah Bagai Negeri Dongeng

Ditulis oleh: Administrator, 13-01-2023

          Yakushima (屋久島) adalah sebuah pulau di selatan Prefektur Kagoshima, Kyushu, Jepang. Letaknya sekitar 60 km barat daya Semenanjung Ōsumi, Kyushu. Pulau seluas 504,88 km² ini berpenduduk sekitar 15.000 orang. Di Yakushima terdapat hutan yang sangat lebat. Di pulau ini terdapat pohon-pohon Cedar atau disebut dengan Sugi. Pohon ini memiliki rata-rata usia yang berumur sangat tua. Pohon Cedar terbesar dan tertua di Yakushima yang diberi nama Jōmon Sugi diperkirakan berumur 2.170 hingga 7.200 tahun.

          Pada masa lalu khususnya pada Zaman Edo pohon-pohon di pulau ini ditebangi secara ektensif untuk pembuatan perahu, bahan bangunan dan produksi genteng atau yang disebut dengan hiragi. Namun aktivitas ini berhenti sejak era pemerintahan Meiji (1868-1912). Pada tahun 1993 hutan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kawasan yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia sekitar 21% dari luas keseluruhan pulau (107,47 km²).

          Yakushima ini adalah pulau terbasah di Jepang, dengan curah hujan sekitar 4,000 hingga 10,000 mm. Yakushima termasuk salah satu tempat di dunia yang memiliki curah hujan tertinggi. Pulau ini disebut-sebut orang sebagai pulau yang turun hujan "35 hari dalam sebulan". Meskipun demikian, Yakushima juga mengenal "musim kering" saat sepanjang musim gugur dan musim dingin. Namun hujan lebat yang turun sepanjang musim semi dan musim panas sering diikuti oleh tanah longsor. Pegunungan di Yakushima adalah satu-satunya tempat di wilayah paling selatan Jepang yang turun salju. Selama berbulan-bulan salju dapat turun, sementara suhu air laut di sekitar pulau tidak pernah berada di bawah 19 °C.

          Hutan Yakusugi di Yakushima adalah salah satu hutan yang sangat terkenal, hutan ini dikunjungi tidak kurang oleh 300.000 wisatawan setiap tahunnya. Hutan ini konon merupakan inspirasi bagi Hayao Miyazaki sewaktu membuat film Princess Mononoke.

 

Sumber:

https://www.japan-guide.com/e/e4650.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Yakusugi

https://travel.gaijinpot.com/destination/kagoshima/

Sumber gambar:

https://yakushima-messenger.com/wp/wp-content/uploads/2019/09/%E7%99%BD%E8%B0%B7%E5%B7%9D.jpg