Jenis-jenis Beasiswa Studi ke Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 18-08-2018

      Semakin banyaknya peminat mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ke Jepang, semakin banyak juga beasiswa yang tersedia. Jadi, bagi yang ingin belajar dan menuntut ilmu ke negeri Sakura tersebut tak perlu khawatir akan biaya pendidikan dan hidup. Lalu, apa saja beasiswa yang dapat kita terima itu? Berikut jenis-jenis beasiswanya.

1. Beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT)
Image and video hosting by TinyPic

         Beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Jepang ini memberikan dukungan penuh untuk pelajar asing yang ingin melanjutkan studi ke Jepang. Beasiswa MEXT terbuka untuk umum dan tidak ada ikatan dinas setelah selesai. Ada pilihan beasiswa untuk D2, D3, S1, research student (S2 dan S3), dan program lainnya seperti Teacher Training dan Japanese Studies. Beasiswa ini membiayai semua kebutuhan secara penuh, baik dari biaya sekolah dan kehidupan. Karena jumlah beasiswa yang diterima sangat banyak, peminatnya juga banyak. Jadi, bagi yang ingin mendaftarkan diri melalui beasiswa ini diperlukan persiapan yang sangat banyak. 

Info mengenai beasiswa MEXT dapat dicek melalui website http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.

2. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

         Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa dikenal dengan LPDP adalah beasiswa yang diterima dari Indonesia dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag. Program beasiswa ini hanya tersedia untuk dua  program saja, yaitu program Magister (S2) dan Doktor (S3) untuk universitas dalam atau luar negeri. Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan, dengan kata lain diharapkan lulusan dari penerima beasiswa LPDP ini untuk mengabdi kepada negara Indonesia. Untuk informasi lebih jelas mengenai beasiswa ini dapat dilihat pada website  http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

3. Beasiswa dari Yayasan Beasiswa Perusahaan Jepang

         Yayasan beasiswa atau yang biasa disebut dengan scholarship foundation terbentuk dari beberapa perusahaan yang memutuskan untuk memberikan beasiswa. Berikut adalah contoh beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia.

           a. Beasiswa Mitsui-Bussan

Image and video hosting by TinyPic

Beasiswa ini ditawarkan untuk pelajar SMU yang ingin melanjutkan sekolah ke Jepang untuk jurusan apapun. Hampir mirip dengan beasiswa MEXT, beasiswa Mitsui-Bussan ini akan membiayai penerimanya dari transportasi pp ke Jepang, uang saku bulanan, sekolah bahasa dan selama kuliah. Total jangka waktu beasiswa yang diterima adalah selama 5,5 tahun (1,5 tahun sekolah bahasa + 4 tahun S1), dan sebelum keberangkatan ke Jepang, penerima beasiswa Mitsui-Bussan akan mendapatkan program pengenalan bahasa Jepang selama 2 bulan di Indonesia. Beasiswa ini dibuka bulan Maret untuk keberangkatan April tahun berikutnya dan jumlah posisi yang ditawarkan terbatas sekali. Beasiswa ini bisa menjadi pilihan beasiswa ke Jepang selain beasiswa MEXT, apalagi jumlah uang saku bulanan yang diberikan lebih besar daripada MEXT. Untuk informasi lebih jelas mengenai beasiswa ini dapat dicek melalui website: https://www.mbkscholarship-id.com/.

           b. Beasiswa Panasonic

Beasiswa Panasonic ini ditawarkan untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi ke tingkat magister atau S2. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa jurusan Matematika, Natural Science, Engineering, Biotechnology, Agricultural, dan Teknik Informasi. Beasiswa ini diberikan kepada 26 orang dari 8 negara dan Indonesia merupakan salah satunya. Nominal beasiswa yang diberikan pun juga cukup besar dan maksimal diberikan selama 3 tahun. 1 Tahun digunakan sebagai research student dan 2 tahun sebagai mahasiswa magister. Biaya hidup dan transportasi dari Indonesia ke Jepang juga sudah ditanggung. Untuk informasi resmi beasiswa dapat dicek melalui http://www.panasonicscholarship.com/

            c. Beasiswa Ajinomoto

Ajinomoto merupakan salah satu penyedia beasiswa ke Jepang untuk mereka yang menginginkan studi S2 di Univsitas Tokyo. Seperti halnya beasiswa Panasonic, beasiswa Ajinomoto ini dikhususkan untuk mereka yang akan mengambil jurusan Teknik, Farmasi, Matematika, Pertanian, dan Teknologi Informasi tetapi jangka waktu lebih pendek, yaitu 2 tahun. Besaran beasiswa yang diberikan sama dengan besaran beasiswa Panasonic, tetapi Ajinomoto ini selain dikhususkan untuk S2 di Universitas Tokyo, kandidat harus berasal dari salah satu universitas berikut: UI, ITB, UGM, UNAIR, IPB, UNPAD, UNDIP, UNIBRAW.

              Itulah beberapa contoh beasiswa yang dapat diambil untuk melanjutkan sekolah ke Jepang. Sebenarnya masih banyak lagi beasiswa yang tersedia, salah satunya adalah beasiswa-beasiswa yang disediakan oleh universitas yang ada di Jepang. Demi mendapatkan beasiswa untuk sekolah ke Jepang, diperlukan persiapan yang sangat matang dan kita juga harus terus mencari informasi mengenai beasiswa tersebut.

             Jika tertarik untuk mencari beasiswa sekolah ke Jepang, kami dapat membantu untuk memberi informasi dan mencarikan beasiswa tersebut. Untuk Informasi bekerja, dan wisata ke Jepang juga dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.com/