Omamori, Jimat Kecil Bermacam Fungsi

Ditulis oleh: Administrator, 13-10-2018

       Apabila pernah berkunjung ke Negeri Sakura, kita pasti akan menemui jimat kecil dilekatkan atau disimpan di berbagai tempat seperti ransel, kaca dalam mobil, dan lain sebagainya. Jimat kecil tersebut bernama Omamori. Apa sih Omamori itu?

       Omamori merupakan jimat yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke kuil Shinto atau kuil Budha. Sebenarnya, terdapat berbagai jenis Omamori, dan masing- masing jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun, orang awam seringkali berpikir bahwa Omamori hanyalah jimat yang berfungsi untuk perlindungan atau keselamatan diri. Pada artikel kali ini, akan dijelaskan berbagai jenis Omamori beserta fungsi dari masing-masing jenis tersebut.

page1image1791520

       Pertama, Kotsu-Anzen Omamori atau dapat diartikan sebagai jimat keselamatan lalu lintas. Sama seperti dengan artinya, jenis Omamori ini berfungsi untuk keselamatan atau melindungi diri. Awalnya, Omamori ini hanya ditujukan untuk keselamatan dalam lalu lintas darat saja. Namun, akhir-akhir ini maskapai penerbangan Jepang ANA (All Airlines) membuat jenis Omamori ini dengan label Koku-anzen dan warna biru sebagai Omamori keselamatan perjalanan udara.

      Kedua, Kenko Omamori atau jimat kesehatan. Fungsi dari Omamori ini ialah untuk melindungi sang pemilik agar selalu diberi kesehatan, dijauhkan dari berbagai macam penyakit, serta memiliki umur yang panjang.

      Ketiga, Gakugyo-Joju Omamori atau jimat pendidikan Omamori ini berfungsi agar si pemilik diberi kelancaran dalam menempuh pendidikan atau mencari ilmu pengetahuan. Seringkali, Omamori ini dibawa oleh para murid yang akan atau sedang menempuh ujian.

      Keempat, Shobai-Hanjo Omamori atau jimat kelancaran bisnis. Biasanya, Omamori ini dibawa oleh orang dewasa yang telah bekerja atau memiliki suatu usaha demi kelancaran pekerjaan atau bisnis.

      Kelima, En-musubi Omamori atau jimat percintaan. Jenis Omamori ini sangat diminati oleh para anak muda baik yang telah memiliki pasangan atau belum. Konon, dengan memiliki Omamori ini, orang yang telah memiliki pasangan akan diberi kelancaran dalam hubungannya, sedangkan bagi yang belum akan cepat dipertemukan dengan pasangan hidupnya.

      Demikian telah dijelaskan berbagai jenis dan fungsi Omamori. Selain ukurannya yang kecil dan unik, harga Omamori sangat terjangkau sehingga cukup digemari para turis mancanegara sebagai cinderamata dari Jepang.

 

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.com/