Festival Setsubun

Ditulis oleh: Administrator, 08-02-2019

          Pada bulan Februari ini, Jepang mulai memasuki masa akhir musim dingin sebelum akhirnya menyambut kembali musim semi pada bulan Maret nanti. Bagi kalian yang memiliki teman Jepang di dunia maya maupun mengikuti artis atau idola dari negeri Sakura, pasti saat ini beranda sosial media kalian dipenuhi oleh orang-orang Jepang yang sedang merayakan Setsubun. Namun sebenarnya, apa makna dari festival Setsubun ini?

          Setsubun sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menandai hari dimana musim akan berganti, seperti akhir musim panas atau akhir musim dingin. Namun dewasa ini hanya saat sebelum risshun, yang merupakan awal dari musim semi pada kalender tahun Jepang yang disebut sebagai Setsubun. Perayaan Setsubun ini biasanya dirayakan pada tanggal 3 atau 4 Februari, tergantung dari tahunnya. Selain untuk merayakan datangnya musim semi, perayaan ini juga sebagai harapan agar pada musim-musim selanjutnya banyak kebahagiaan yang masuk ke dalam hidup kita. 

Image and video hosting by TinyPic

          Setsubun dirayakan dengan cara melempar kacang tanah keluar rumah atau kuil. Pada saat melempar kacang, kita harus berseru “Oni wa soto, Fuku wa uchi!”, yang berarti “Setan keluar, Kebahagiaan masuk!”. Hal ini sebagai ungkapan harapan agar pada saat musim semi dimulai, akan banyak kebahagiaan yang menghampiri kita dan hal – hal buruk yang ada pada kita saat ini akan pergi. Setelah melempar kacang, kita juga harus mengambil kacang yang sudah kita lempar dan memakannya sesuai dengan umur kita sekarang. Dipercaya dengan melakukan demikian, kita akan terhindar dari penyakit selama satu tahun kedepan.

          Apakah kalian juga ingin ikut merayakan Setsubun saat berkunjung ke Jepang nanti?

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.com/

Sumber :

https://www.japan-guide.com/e/e2285.html

https://web-japan.org/kidsweb/explore/calendar/february/setsubun.html

https://www.justonecookbook.com/setsubun/

http://japanlover.me/cool/kakkoii-information/setsubun-2/