Mengapa Orang Jepang Menyukai Onsen?

Ditulis oleh: Administrator, 22-02-2019

          Onsen, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pemandian air panas, adalah sesuatu yang sangat disukai oleh orang JepangOnsen dinikmati oleh orang Jepang sebagai relaksasi dan kesehatan. Setiap orang Jepang di Jepang pasti sudah pernah paling tidak satu kali pergi untuk berendam di onsen.

          Onsen di Jepang pada zaman dahulu merupakan tempat pemandian air panas yang dijadikan satu antara laki-laki dan perempuan. Tetapi, semenjak adanya westernisasi pada era Meiji, onsen yang dijadikan satu seperti itu menjadi sangat jarang. Lebih dari 95% onsen di Jepang memiliki tempat terpisah antara laki-laki dan perempuan. Meskipun begitu, masih ada beberapa onsen yang tempat pemandiannya dijadikan satu antara laki-laki dan perempuan, biasanya onsen tersebut adalah onsen yang dijadikan sebagai tempat wisata seperti layaknya waterpark, hanya saja dalam bentuk pemandian air panas, sehingga bisa digunakan untuk umum dari anak kecil hingga orang dewasa.

          Lalu, di manakah kita bisa menemukan onsen di Jepang? Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit karena Jepang memiliki hampir sekitar 100.000 onsen yang tersebar di seluruh negara Jepang. Jika ingin merasakan sensasi mewah, maka dapat mengunjungi onsen yang ada di hotel, ryokan (penginapan dengan nuansa tradisional Jepang), apartemen, atau bahkan di sebuah mansion. Ada pula onsen yang bukan merupakan bagian dari hotel atau ryokan, yaitu onsen umum yang mudah ditemukan di kota-kota di Jepang.  Kemudian, ada onsen yang dibuat dengan konsep waterpark atau theme park, di mana di dalam tempat tersebut disedikan banyak kolam pemandian air panas dengan kandungan air panas yang berbeda-beda karena di dalam air panas tersebut ditambahkan bahan-bahan yang bagus untuk kesehatan kulit seperti teh hijau, kopi, bahkan ada pula onsen yang diberi wine di dalamnya.

 

View post on imgur.com

 

Hakone Kowakien Yunessun, Onsen dengan konsep theme park di Kanagawa

 

View post on imgur.com

 

Onsen dengan kandungan wine

          Selain itu, ada pula onsen alami di mana air dari onsen tersebut merupakan air sumber aliran dari gunung. Biasanya letak onsen ini ada di dekat pegunungan atau bisa ditemukan di daerah pedesaan di Jepang. Air onsen biasanya mengandung mineral yang sangat tinggi. Air onsen juga mengandung zat besi, natrium klorida, sulfur, dan karbon radikal yang sangat baik untuk kesehalat kulit kita. Level Ph di onsen satu dengan yang lain juga bisa berbeda-beda.

 

View post on imgur.com

 

          Onsen Jepang juga merupakan tempat yang terkenal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Pakar kesehatan di Jepang mengatakan bahwa onsen di Jepang merupakan sesuatu yang sangat berguna, tidak hanya untuk sekedar berendam saja. Para pasangan suami istri biasanya berendam di onsen untuk meningkatkan kesuburan mereka. Kemudian bagi para orang tua atau lansia, berendam di onsen dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah dengan baik dan dapat menghilangkan nyeri-nyeri pada sendi. Ada pula kepercayaan bahwa beberapa onsen khusus bisa membawa keberuntungan dalam hal ekonomi dan percintaan.

          Ketika mengunjungi onsen, kita harus paham dengan aturan-aturan yang ada di tempat onsen tersebut, apa saja yang harus diperhatikan saat akan masuk ke onsen. Pada umumnya, sebelum masuk ke onsen kita harus mandi terlebih dahulu sampai bersih, kemudian kita harus melepas semua pakaian kita saat masuk ke onsen. Pada saat di dalam onsen, kita tidak boleh memain-mainkan airnya, karena dapat mengganggu ketenengan pengunjung lain. Tidak semua onsen memiliki aturan harus melepas semua penutup badan kita, di onsen yang bertema seperti waterpark kita diperbolehkan untuk memakai baju untuk berenang.

          Jadi, jika minna-san berlibur ke Jepang, jangan lupa untuk mencoba merasakan sensasi berendam di onsen ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.com/

Sumber :

https://www.japanvisitor.com/onsens/understanding-onsen-culture

https://www.japan-talk.com/jt/new/onsen

https://allabout-japan.com/en/article/126/