Desain Baru Uang Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 03-05-2019

       Tidak hanya era baru Jepang, yaitu reiwa, pemerintah melakukan pembaharuan desain dari uang jepang, yaitu yen. Perubahan desain terjadi pada pecahan uang kertas 10.000 yen. 5000 yen. 1000 yen, dan uang koin 500 yen. Desain baru ini dilncurkan pada 9 April 2019 dan akan mulai berlaku pada tahun 2024.

       Uang pecahan 10.000 yen saat ini bergambar Fukuzawa Yukichi, yang dikenal sebagai bapak pendidikan Jepang sekaligus pendiri salah satu universitas ternama di Jepang, yaitu Universitas Keiou. Pada desain baru, Fukuzawa Yukichi digantikan oleh Shibusawa Eichii, sang Bapak Kapitalisme Jepang yang memperkenalkan system kapitalisme barat ke Jepang setelah Restorasi Meiji.

      Uang pecahan 5000 yen saat ini bergambargan Higuchi Ichiyo, seorang penulis wanita. Pada desain barunya, uang 5000 yen bergambarkan Tsuda Umeko, wanita Jepang pertama yang belajar di Amerika, dan berperan besar dalam memberikan pendidikan kepada wanita Jepang.

Image and video hosting by TinyPic

       Uang pecahan 1000 yen saat ini menampilkan Noguchi Hideyo, tokoh bakteriologis Jepang. Pada desain barunya akan digantikan oleh tokoh bakteriologis lainnya yaitu Kitazato Shibasaburou. Selain itu, bagian belakang uang 1000 yen yang saat ini bergambar gunung Fuji juga akan digantikan oleh lukisan terkenal dari seniman Hokusai.

Image and video hosting by TinyPic

      Uang koin 500 yen tidak terlalu mengalami banyak perubahan desain, hanya warnanya saja yang sedikit berubah. Saat ini uang 500 yen bewarna perak, pada desain yang baru, bagian tengan akan tetap berwarna perak, sedangkan bagian pinggirnya akan berwarna kuning.

 

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.com/

 

Sumber: https://www.akibanation.com/tak-hanya-era-desain-uang-jepang-juga-berubah/

Foto: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-47769554