Mengapa Belajar Bahasa Jepang?

Ditulis oleh: Administrator, 26-07-2019

        Bagi kalian yang sudah atau sedang belajar bahasa Jepang, kalian pasti sudah memiliki alasan masing-masing. Ada beberapa yang ingin bersekolah di Jepang, bekerja di Jepang, atau bahkan ada yang belajar bahasa Jepang dengan alasan agar pada saat pergi ke Jepang, paling tidak kita bisa berbicara bahasa-bahasa percakapan dasar. Alasan lain lagi mungkin adalah beberapa orang sangat menyukai budaya Jepang, entah itu film, lagu, komik, sastra, dan lain sebagainya. Lalu, bagi kalian yang belum pernah mempelajari bahasa Jepang dan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih keuntungan dari bahasa Jepang? Bukankah bisa berbahasa Inggris saja sudah cukup? Hal-hal di bawah ini mungkin bisa menjawab pertanyaan kalian.

        Bahasa Inggris memang adalah bahasa Internasional, sebuah keuntungan bagi kita, baik itu pada saat melamar pekerjaan atau mendaftar sebuah beasiswa, apabila kita menguasai bahasa Inggris secara total. Namun, di zaman sekarang ini, sudah banyak sekali orang-orang yang menguasai bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris pun sekarang lebih mudah, bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan dari mana saja. Seseorang akan lebih beruntung lagi apabila ia bisa menguasai lebih dari satu bahasa asing, seperti bahasa Tiongkok, bahasa Jepang, bahasa Korea, atau mungkin bahasa-bahasa yang ada di Eropa seperti bahasa Jerman, Spanyol, atau Perancis. Khusus di artikel ini akan di bahas apa sih keuntungan menguasai bahasa asing lain yaitu bahasa Jepang?

        Sering dikatakan bahwa globalisasi dapat membuka jalannya perdagangan internasional, itulah mengapa mempelajari bahasa Jepang merupakan hal yang penting. Jepang merupakan negara ketiga dengan perekonomian terbesar setelah Amerika dan Tiongkok, bahkan negara Eropa seperti Jerman masih berada di urutan keempat. Perusahaan-perusahaan Jepang yang terkenal seperti Honda, Toyota, Sony, Toshiba, Canon, dan lain-lain, sudah berkembang di banyak negara di dunia. Bahkan sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, mulai dari perusahaan otomotif, mesin, makanan, sampai obat-obatan. Bagi kalian yang sudah memiliki latar belakang terutama dalam bidang otomotif atau mesin, Jepang adalah yang terdepan dalam hal tersebut. Apabila kemampuan kalian ditambah dengan kemampuan berbahasa Jepang yang baik, maka lapangan pekerjaan kalian akan semakin terbuka lebar, mengingat banyaknya perusahaan-perusahaan otomotif Jepang di Indonesia, bahkan kalian juga bisa dikirim untuk bekerja di Jepang.

        Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang berlatar belakang social dan bahasa? Jangan khawatir, di perusahaan Jepang sama dengan perusahaan lainnya juga memiliki divisi-divisi yang bisa diisi bagi kalian yang berlatar belakang ilmu sosial, seperti di bagian HR, marketing, accounting, ataupun finance. Perusahaan Jepang di Indonesia juga tentunya sangat membutuhkan seorang penerjemah dan seorang alih bahasa, maka apabila kalian memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang baik dalam hal menulis dan berbicara, maka kalian bisa bekerja sebagai translator atau interpreter. Jadi, dalam hal pekerjaan, banyak sekali keuntungan yang bisa kita ambil apabila kita menguasai bahasa Jepang, apalagi dengan kondisi populasi Jepang yang menua, Jepang sangat membutuhkan sumber daya manusia profesional dari berbagai negara khususnya negara-negara di Asia.

        Mempelajari bahasa Jepang tidak hanya sekedar mempelajari bahasa itu sendiri, melainkan dari bahasa itu, kita juga dapat mempelajari banyak hal, terutama budaya Jepang. Meskipun huruf kanji dalam bahasa Jepang diambil dari Tiongkok, tetapi bahasa Jepang menciptakan cara baca dalam bahasa Jepang dari setiap huruf kanji, berdasarkan pola pikir dan cara pandang orang Jepang dalam melihat keadaan sekitar. Selain itu, pada saat mempelajari kosakata dalam bahasa Jepang, kita secara tidak langsung juga akan belajar budaya Jepang, seperti kata kimono yang merupakan pakaian tradisional Jepang. Kata kimono tidak ada arti secara khusus dalam bahasa Indonesia, sehingga dalam kamus besar bahasa Indonesia, kata kimono tetaplah ditulis apa adanya dan diartikan sebagai pakaian tradisional Jepang. Mempelajari bahasa Jepang dapat membuka mata kita dalam sejarah, entertainment, gaya hidup, bahkan seni Jepang.

        Keuntungan lain dari mempelajari bahasa Jepang adalah kesempatan untuk merasakan teknologi canggih. Jepang didominasi oleh orang-orang yang disebut dengan inovator dan kreator, membuat dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan efektif. Orang-orang Jepang mengerti bagaimana meraih kesuksesan bukan hanya dalam hal ekonomi, tetapi juga dalam kehidupan sosial dengan cara mereka sendiri. Jepang dikenal dengan negara maju yang memimpin teknologi canggih di dunia, di mana orang-orangnya selalu berpikir inovatif untuk menyelesaikan sebuah masalah, dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dan teknologi. Tidak heran jika sekarang banyak sekali diciptakan robot di Jepang untuk membantu sebuah pekerjaan, hal tersebut adalah untuk menanggulangi kekurangan sumber daya manusia di Jepang.

        Bahasa Jepang juga merupakan gerbang bagi kita untuk lebih mengerti budaya Asia dan bahkan kita juga bisa mempelajari bahasa Asia lain seperti bahasa Tiongkok dan Korea. Korea, Tiongkok, dan Jepang memiliki sejarah yang hampir berhubungan. Itulah mengapa huruf kanji dalam bahasa Jepang diambil dari bahasa Tiongkok, dan pola kalimat dalam bahasa Jepang juga tidak jauh berbeda dengan bahasa Korea.

        Jadi, jika kalian masih bingung manfaat dari belajar bahasa Jepang, kalian bisa memikirkan kembali dengan mempertimbangkan keuntungan-keuntunga di atas. Tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa asing, karena bahasa adalah hal pertama yang menyatukan satu orang dengan orang yang lain.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.fluentu.com/blog/japanese/benefits-of-learning-japanese/

http://www.vistawide.com/japanese/why_japanese2.htm

https://www.daytranslations.com/blog/2018/04/8-reasons-why-you-should-learn-the-japanese-language-11340/