Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai!

Ditulis oleh: Administrator, 02-03-2020

           Pada tahun baru China, tentunya banyak hal yang ditunggu-tunggu, salah satunya ada amplop merah berisi uang yang biasa disebut Hong Bao. Hong Bao (红包), secara harfiah "amplop merah," atau yang biasa disebut Angpao di Indonesia adalah hadiah tradisional yang diberikan orang dewasa kepada anak-anak selama periode liburan Tahun Baru Imlek.

           Terdapat gagasan bahwa selama Tahun Baru Imlek, orang dewasa yang berpenghasilan harus memberi anak-anak yang tidak berpenghasilan Hong Bao. Dalam hal ini, "anak-anak" yang dimaksud dapat berarti orang dewasa muda yang belum menikah. Anak-anak akan datang berkunjung kerumah para kerabat sembari mengatakan “Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai!” yang berarti “Selamat tahun baru! Berikan aku amplop merahnya!”. Para kerabat akan memberikan mereka Hong Bao yang sudah disiapkannya untuk situasi seperti ini.

           Jumlah uang dalam Hong Bao ini bervariasi. tetapi secara umum, sangat ideal untuk memberikan angka bulat atau angka yang berakhir dengan 8. Jika kita berbicara dalam mata uang Cina, Renminbi, maka 88 (meskipun ini agak rendah), 188, 288, dll. adalah angka yang bagus. Namun, 200, 300, juga tidak masalah. Di China, angka 4 dianggap sebagai angka sial, oleh karena itu, mereka menghindari angka yang mengandung angka 4, serta tidak menggunakan uang koin.

           Hong Bao selain diberikan pada tahun baru China, juga diberikan untuk pernikahan dan ulang tahun. Pernikahan adalah acara besar di mana hong bao diberikan oleh tamu yang diundang ke pesta pernikahan alih-alih hadiah. Pastikan untuk bertanya kepada orang-orang terdekat mengenai nominal uang yang pantas diberikan.

            Amplop Hong Bao dapat dibeli di toko alat tulis setiap saat sepanjang tahun. Tanyakan pada pemilik toko atau teman mengenai amplop mana yang dibutuhkan, untuk memastikan bahwa kalian tidak akan salah membeli amplop. Karena, tulisan pada amplop akan berbeda tergantung pada keperluan apa amplop Hong Bao digunakan.

             Di era modern seperti saat ini, orang bahkan tidak perlu repot meninggalkan kenyamanan sofa mereka untuk memberikan hong bao. Wechat (微 信), pesan instan dan aplikasi berbagi foto populer, memperkenalkan hong bao elektronik untuk mentrasfer Hong Bao kepada para kerabat, teman, bahkan selebriti idola langsung melalui ponsel masing-masing.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber :

https://www.tripsavvy.com/red-envelopes-at-chinese-new-year-1494981

https://artsandculture.google.com/theme/8-things-you-should-know-about-the-lucky-red-envelope/PwKiICEFJXMOJg?hl=en