The Temple of Heaven, Kompleks Bangunan Keagamaan Terbesar dalam Kekaisaran Beijing

Ditulis oleh: Administrator, 13-12-2021

           Temple of Heaven dikenal sebagai kuil dengan tata letak dan struktur bangunan yang unik serta dekorasi yang megah. Hal tersebut adalah hal yang paling merepresentasikan arsitektur Tiongkok. Kaisar dari dinasti Ming dan King (dari tahun 1420 hingga 1900) menyembah Dewa Surga di kuil ini dan berdoa untuk panen yang baik. Temple of Heaven terletak di selatan Forbidden City yang memiliki luas sekitar 2,73 kilometer persegi, hampir sama besarnya dengan Central Park di New York. Desain utama bangunan utama adalah kombinasi lingkaran dan kotak yang melambangkan kepercayaan bahwa surg aitu bulat dan bumi itu persegi yang mengitarinya.

           Temple of Heaven dibangun pada tahun 1420 dan mengalami renovasi besar-besaran di masa pemerintahan Kaisar Qianlong (1711-1799). Desain kompleks kuil ini dibuat sesuai dengan tujuan sucinya yang mencerminkan hukum kosmologis yang diyakini sebagai pusat cara kerja alam semesta. Penataan kesuluran bangunan kuil ini juga mencerminkan hubungan yang dirasakan antara langit dan bumi, inti dari kosmologi Tiongkok pada waktu itu. Bangunan kuil yang paling mencolok adalah Hall of Prayer for Good Harvests yang tinggi dan melingkar di bagian utara kompleks. Sedangkan di bagian selatan terletak Circular Mound Altar dan Imperial Vault of Heaven.

           The Hall Prayer for Good Harvests (祈年殿 Qínián Diàn) dibangun pada tahun 1420 yang menjadikan bangunan ini bangunan paling awal di kompleks kuil. Pada tahun 1545 aula ini direnovasi menjadi aula kayu melingkar yang berdiri di atas halaman berbentuk persegi yang mewakili filosofi Tiongkok kuno, di mana bulat mewakili surga dan persegi mewakili bumi.

           The Circular Mound Altar (圜丘坛 Huánqiū Tán) dibangun pada tahun 1530 oleh Kaisar Jiajing. Altar tersebut adalah altar tiga lapis yang dibuat dari marmer  dan dikelilingi oleh dua set dinding yang berbentuk bujur sangkar di luar dan bulat di dalam. Dalam filosofi Tiongkok kuno, angka 9 merupakan angka yang paling kuat dan melambangkan keabadian, sehingga lempengan yang membentuk altar berjumlah kelipatan 9.

imageThe Circular Mound Altar (圜丘坛 Huánqiū Tán)

           Di antara The Hall Prayer for Good Harvests dan The Circular Mound Altar, terletak The Imperial Vault of Heaven (皇穹宇 Huáng Qióngyǔ) yang didedikasikan untuk menampung ‘God’s Tablet’, batu yang digunakan dalam upacara doa panen. Berkat desainnya yang luar biasa, Imperial Vault of Heaven adalah bangunan dengan struktur kayu yang tidak memerlukan paku. Tidak ada balok di dalam aula tersebut. Kubah yang luas ditopang oleh 16 tiang kayu dan banyak penyangga.

imageThe Imperial Vault of Heaven (皇穹宇 Huáng Qióngyǔ)

           Sebagian besar area di kuil tersebut, beserta toilet umumnya, dapat diakses kursi roda. Jam operasional kuil berbeda-beda di setiap musim, yaitu pada bulan Maret-Juni dari jam 8 pagi hingga 5:30 sore, bulan Juli-Oktober dari jam 8 pagi hingga 6 sore, dan pada bulan November hingga Februari dari jam pagi hingga 5 sore.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.thechinaguide.com/sight/temple-of-heaven

https://www.chinahighlights.com/beijing/attraction/temple-of-heaven.htm

Sumber gambar:

https://www.mlito.com/wp-content/uploads/2020/10/天坛.jpg

https://m.tuniucdn.com/fb2/t1/G5/M00/43/E0/Cii-s1pi9PSIDMjcAARgXlJIjzkAACpbQIIZ-MABGB2902.JPG?width=1600&height=1066

https://img1.advisor.travel/1314x680px-Temple_of_Heaven_37.jpg