Hailijian atau Pancake Tiram, Streetfood yang digemari di Kota Xiamen

Ditulis oleh: Administrator, 20-12-2021

           Hailijian (海蛎煎) terbuat dari tiram, tepung ubi jalar, dan telur. Tiram segar dicampur dengan tepung, ditambahkan bawang putih, lalu digoreng. Saat hampir matang, beberapa telur ditambahkan dan digoreng bersama. Beberapa orang juga suka menambahkan beberapa sayuran.

Screen-Shot-2021-12-20-at-08-36-43

           Pancake Tiram juga dikenal sebagai streetfood yang sangat terkenal di Taiwan dan Xiamen. Tiram ditemukan dalam jumlah banyak di daerah pesisir Xiamen. Penduduk setempat dikenal menikmati hidangan lezat ini dengan bubur. Untuk sarapan, orang-orang di Xiamen makan bubur tiram ditemani oleh roti goreng atau Cakwe.

           Ada sebuah kisah unik mengenai asal muasal kudapan ini. Legenda mengatakan bahwa hidangan itu berasal dari pergolakan pertempuran. Tahun 1661 Seorang jenderal Tiongkok yang bernama Koxinga dikirim ke Taiwan untuk menangkis Belanda yang sudah mengambil alih seluruh pulau. Dalam upaya untuk membatasi pasokan makanan, Belanda menyembunyikan beras dari tentara Tiongkok. Putus asa mencari makanan Koxinga menemukan tiram di pantai, melapisinya dengan tepung ubi jalar dan menggorengnya untuk anak buahnya. Para tentara diselamatkan dari kelaparan dan kemudian memenangkan perang melawan Belanda.

           Kalian juga dapat membuat kudapan ini di rumah lho dengan resep sederhana berikut. Campur tiram segar dengan ubi jalar, tepung kanji dan telur, lalu tambahkan satu sendok makan kecap dan goreng dalam wajan dengan minyak secukupnya, goreng sampai tiram menjadi renyah. Selamat mencoba!

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.goldthread2.com/food/xiamen-oyster-pancakes-street-food/article/3118523

https://www.chinadaily.com.cn/food/2017-09/05/content_31578401.htm

https://www.chinahighlights.com/xiamen/popular-foods.htm

Sumber gambar:

https://static.straitstimes.com.sg/s3fs-public/articles/2018/08/14/oyster_main-ol.jpg