Buddha Raksasa Leshan

Ditulis oleh: Administrator, 21-03-2022

             Sekitar 2 jam berkendara dari pusat kota Chengdu, terletak salah satu keajaiban kuno paling menakjubkan di Tiongkok, yaitu Leshan Giant Buddha atau Buddha Raksasa Leshan. Patung Buddha ini diukir di permukaan tebing di antara pertemuan tiga sungai, yaitu Sungai Min, Sungai Qingyi, dan Sungai Dadu. Patung ini memiliki tinggi 71 meter dan berusia lebih dari seribu tahun yang menjadikannya sebagai patung Buddha batu terbesar dan tertinggi di dunia.

             Proyek pembangunan patung Buddha ini diprakarsai oleh seorang biksu bernama Hai Tong, yang memiliki tujuan untuk keselamatan orang-orang yang telah lama menderita mencari nafkah di sekitar pertemuan tiga sungai tersebut. Hai Tong akhirnya memutuskan untuk mengukir patung Buddha di samping sungai dengan berpikir bahwa Sang Buddha akan mengendalikan roh air. Proyek ini selesai dalam kurun waktu lebih dari 90 tahun, dimulai dari tahun 713 saat Dinasti Tang, dan selesai pada tahun 803.

             Ada dua cara bagi para pengunjung yang ingin melihat patung Buddha ini. Yang pertama adalah dengan cara berjalan turun dari atas dekat kepala Buddha hingga ke kakinya. Cara ini biasanya yang paling banyak dipilih oleh wisatawan sehingga terkadang menimbulkan antrian pada jam-jam sibuk. Namun, pemandangan dari dekat ini memungkinkan para pengunjung untuk bisa mengamati dan menghargai keagungan patung Buddha. Sebagai bayangan seberapa besarnya patung ini jika dilihat dari dekat, jari kelingkingnya cukup besar untuk diduduki oleh orang dewasa!

             Cara kedua adalah melihat patung dari perahu di sungai tepat di depannya. Perjalanan dengan perahu membutuhkan waktu 30 menit. Pemandangan dari perahu akan memberikan para pengunjung pemandangan Buddha secara kesuluruhan dan cocok bagi pengunjung yang tidak ingin menuruni tangga curam dan mengantri panjang.

             Untuk mengunjungi tempat ini, aka nada biaya masuk sebesar 80 CNY dan juga 70 CNY apabila para pengunjung juga ingin menaiki perahu jika ingin melihat dari sudut pandang lain.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.thechinaguide.com/sight/leshan-giant-buddha

https://www.travelchinaguide.com/attraction/sichuan/leshan/buddha_statue.htm

Sumber gambar:

http://n.sinaimg.cn/sinacn10116/383/w1187h796/20191016/a693-ifzxhxm3011139.jpg

https://www.sinowh.org.cn/filecenter/getfile?id=e371eef6c94847a9acdf14c3bb5c4398