Teh Minyak Youcha

Ditulis oleh: Administrator, 28-03-2022

             Teh minyak adalah minuman tradisional etnis minoritas Dong yang dalam Bahasa Mandarin disebut sebagai yaucha atau youcha (油茶)、yang secara harfiah berarti "teh minyak". Teh ini biasa dikonsumsi di daerah Guillin sebagai bagian dari sarapan mereka, tetapi juga memainkan peran penting saat festival dan upacara, terutama upacara penyambutan tamu.

             Seperti namanya, dua bahan penting teh ini adalah minyak dan teh. Teh minyak disiapkan dengan menggoreng daun teh dan bawang putih, garam, jahe, dan cabai serta bahan lainnya dalam wajan besi. Kemudian minyak ditambahkan untuk menggoreng bahan – bahan tadi, campuran tadi ditumbuk dengan penumbuk kayu untuk melepaskan rasa. Bahan-bahan yang sudah ditumbuk ditambahkan air dan direbus sebentar sampai teh minyak siap untuk dituangkan melalui saringan teh atau saringan anyaman.

             Di kedai yang menyajikan teh ini, teh minyak biasa disajikan dalam ketel kecil atau termos, disajikan dengan semangkuk garam, sepiring  jipang atau beras yang telah disangrai, daun bawang cincang, ketumbar dan kacang goreng.  Bahan-bahan tadi dimakan seperti memakan sereal dengan menungkan teh minyak diatasnya dan dicampur.

             Rasa teh minyak sangat unik dan kuat, awalnya kita akan merasakan pahit di awal, semakin lama pahit akan menikan berkurang dan berubah menjadi manis. Youcha biasanya disajikan bersama hidangan pendamping seperti gorengan, mie goreng, kentang goreng atau hidangan dingin seperti acar. Bisa juga disajikan bersama dengan makanan manis seperti kue bolu labu, bakpao dan kue baba.

             Youcha juga bisa digunakan sebagai kuah hotpot karena memiliki rasa yang unik, biasanya daging beraroma ringan sperti ikan atau ayam cocok dipadukan dengan hotpot kuah youcha ini. Orang yang memiliki gangguan tidur disarankan untuk menghindari minum teh minyak untuk makan malam, karena kafein dalam youcha mungkin membuat anda tetap terjaga.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/guilin/food/oil-tea.htm#:~:text=Oil%20tea%20is%20a%20distinctive,like%20it%20or%20hate%20it.

https://foodadventurersite.wordpress.com/chinese-delicacy-would-you-dare-to-try-oil-tea-%E6%B2%B9%E8%8C%B6/

Sumber gambar:

https://static.gxrb.com.cn/image/uploadpic/20220108/ee11ea4d9b794f831061989fae35f63b.jpg