Ikan Koi dan Ikan Emas dalam Fengshui dan Kepercayaan China

Ditulis oleh: Administrator, 09-03-2020

              Salah satu simbol Tahun Baru Imlek yang populer adalah adanya seorang anak yang memegang ikan mas besar dan bunga lotus. Ikan mas, (dalam Pinyin: jīn yú) merupakan lambang emas yang berlimpah dan harmoni. Menurut Feng Shui, seekor ikan mewakili kekayaan dan kemakmuran.

              Ikan mas kembar yang berenang di atas yuanbao / ingot / koin emas diyakini menandakan hal yang lebih baik. Bukan hanya kekayaan dan kelimpahan, tetapi juga melambangkan cinta, kebahagiaan rumah tangga, kemitraan, kegigihan, dan kesuburan. Sepasang ikan merupakan salah satu dari Delapan Simbol Buddha.

              Ikan koi (dalam bahasa Mandarin tradisional: 錦 鯉魚), baik hitam atau merah, juga melambangkan kekayaan dan kesuksesan. Seperti kebanyakan simbol Cina, ikan mas memiliki legenda yang melekat. Menurut legenda, ikan mas terkenal karena kekuatan dan keberaniannya karena berenang keatas melawan arus hingga berakhir di sebuah gerbang di Sungai Kuning yang disebut sebagai Gerbang Naga. Ikan mas kemudian berubah menjadi Naga Langit yang dihormati ketika ia membuat lompatan terakhir di arus jeram teratas.

              Berdasarkan legenda lainnya, ikan mas  mulanya adalah ikan yang ditempatkan di kolam selama Dinasti Tang (618-907 M). Sebagai hasil dari mutasi genetik yang dominan, beberapa ikan ini menampilkan warna emas (sebenarnya oranye kekuningan) daripada warna perak. Orang-orang mulai membiakkan varietas emas alih-alih varietas perak, dan mulai memajangnya dalam wadah kecil. Ikan tidak disimpan dalam wadah secara permanen, tetapi di tempat yang lebih besar, seperti kolam. Ikan akan dipindahkan ke wadah yang jauh lebih kecia hanya untuk acara-acara khusus ketika tamu datang.

              Pada tahun 1162, Permaisuri Dinasti Song (960 - 1279 M) memerintahkan pembangunan kolam untuk mengumpulkan varietas merah dan emas dari ikan-ikan tersebut. Pada saat ini, orang-orang di luar keluarga kekaisaran dilarang untuk memelihara ikan mas dari varietas emas (kuning) dan kuning menjadi warna kekaisaran. Ini mungkin alasan mengapa ada lebih banyak ikan mas oranye daripada ikan mas kuning, meskipun yang terakhir secara genetik lebih mudah berkembang biak. Kemunculan warna-warna lain pertama kali dicatat pada tahun 1276. Kejadian pertama ikan mas ekor mewah tercatat di dinasti Ming (1368 - 1644 M).

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber      : https://www.nationsonline.org/oneworld/Chinese_Customs/gold_fish.htm

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/binatang-binatang-air-binatang-akuatik-di-bawah-air-2131828/ Quang Nguyen Vienh