Suku Naxi, Para Penghuni Kaki Bukit Himalaya

Ditulis oleh: Administrator, 08-08-2022

           Suku Naxi, atau Nakhi (纳西族) merupakan sebuah kelompok etnis yang tinggal di kaki bukit Himalaya di bagian barat laut Provinsi Yunnan, serta bagian barat daya Provinsi Sichuan di Tiongkok. Wilayah metropolitan kota Lijiang di Provinsi Yunnan berpenduduk sekitar 1,4 juta orang, sebagian besar dari total jumlah 330.000 orang Naxi tinggal di wilayah ini di sebagian besar kota Han China. Orang-orang yang berwisata ke Lijiang akan dapat melihat orang Naxi dalam pakaian tradisional mereka.

           Pakaian tradisional Naxi yang dipakai oleh para lelaki mirip dengan gaun Han Chinese, jaket bergaya Mandarin dengan kancing yang banyak. Namun, kostum wanita memiliki khas tersendiri. Kostum ini terdiri dari gaun panjang tanpa garis dan jubah border berwarna-warni. Gaun itu sedikit lebih panjang di belakang hingga menyentuh betis, dan menyentuh lutut di bagian depan. Di bawah gaun ini, pawa wanita Naxi mengenakan celana panjang dan memakai sepatu tradisional berbentuk perahu.

           Orang-orang Naxi tinggal di kabin kayu. Kabin kayu ini adalah struktur kayu yang dibuat tanpa menggunakan paku. Bagian dalam rumah Naxi ditandai dengan “jalur”. Setiap “jalur’ terdiri dari tiga kamar yang dihubungkan oleh koridor dengan pintu di setiap pintu masuk, untuk menjaga rumah tetap rapi dan kamar-kamar tetap tenang. Sebagian besar rumah dibangun dalam dua lantai dengan sebuah halaman di tengahnya. Halaman besar tersebut memberikan banyak udara segar ke kamar. Rumah Naxi memiliki ketinggian sedang. Rumah induk biasanya menghadap ke selatan atau timur yang diyakini akan menangkap keberuntungan yang datang dari tempat ini dan memberikan penghuninya masa depan yang cerah dan menjanjikan.

           Seperti kebanyakan orang, orang-orang Naxi makan 3 kali dalam satu hari. Biasanya, mereka menyiapkan hidangan mereka menggunakan bahan-bahan lokal dan bahan-bahan khusus yang unik. Orang-orang Naxi yang tinggal di dataran datar atau di distrik pegunungan tetap memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan sayuran seperti kentang, lobak, dan kacang-kacangan sepanjang tahun.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/travelguide/nationality/naxi.htm

Sumber gambar:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/1/15/Lijiang_Yunnan_China-Naxi-people-carrying-baskets-01.jpg