5 Minuman Paling Menyehatkan Menurut Orang Tiongkok

Ditulis oleh: Administrator, 22-08-2022

           Minuman kesehatan dan organik mulai menunjukkan kepopulerannya di dunia barat. Minuman tersebut merupakan jenis minuman yang diminum orang Tiongkok selama berabad-abad. Berikut adalah 5 minuman herbal alami dan tradisional yang dapat ditemukan di Tiongkok dan tentu saja sangat sehat untuk tubuh kita.

1. Teh Hijau

           Tiongkok memproduksi lebih banyak teh hijau daripada jenis teh yang lain. Teh hijau sebenarnya adalah teh yang melalui proses yang sedikit. Hanya teh yang dikeringkan saja tanpa melalui proses yang panjang. Fungsinya untuk kesehatan adalah menetralisir radikal bebas, dan juga membantu mencegah beberapa tipe kanker, penyakit jantung dan kerusakan tubuh. Penelitian menunjukkan apabila mengjonsumsi tiga cangkir teh setiap hari memiliki banyak efek untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit. Apabila menambah 1 cangkir dapat mengurangi resiko kematian sejumlah 4% dari penyebab apapun.

2. Susu Kedelai (豆浆 dòujiāng)​

           Minuman kedelai atau yang lebih kita kenal dengan susu kedelai, terbuat dari kedelai dan bahan-bahan yang lain, seperti gula dan garam. Susu kedelai merupakan minuman yang sudah diminum masyarakat Tiongkok selama ratusan tahun. Untuk sebagian orang minuman ini dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Dulu minuman ini merupakan minuman untuk orang miskin yang diminum oleh para petani dan budak, untuk saat ini minuman ini diminum oleh berbagai kalangan. Manfaat kesehatan minuman ini adalah sebagai pengganti daging produk olahan susu. Susu kedelai dapat mengurangi resiko kolesterol tinggi, tekanan darah, masalah sirkulasi darah, kangker dan obesitas. Karena susu ini mengandung asam lemak jenuh tunggal dan ganda.

3. Wang Lao Ji (王老吉 Wánglǎojí)​

           Banyak kios-kios lokal di Tiongkok menjual Wang Lao Ji dengan resep masing-masing yang diseduh dengan berbagai formula. Teh ini sangat cocok diminum di hari-hari panas. Minuman ini dikemas dalam bentuk kaleng atau karton dan menjadi minuman yang sangat popular melebihi popularitas cocacola. Minuman ini biasanya terdiri dari herbal menyehatkan yang menganduk banyak Ying seperti bunga krisan dan licorice. Minuman ini sangat sehat yang dapat berfungsi sebagai penyembih segala, antivirus menurunkan tekanan darah dan membantu mengurangi demam.

4. Luo Han Guo (罗汉果 luóhànguǒ)​

           Luo Han Guo digunakan untuk menyeduh berbagai jenis teh dan minuman. Buah ini cukup lezat dan manis ketika dibuat minuman. Buahnya hanya direndam ke dalam air panas saja hingga kecokelatan yang terlihat seperti root beer atau cola. Buah ini dikeringkan dan biji-bijinya diseduh untuk teh. Buah ini juga cenderung manis dan digunakan sebagai pemanis alami karena mengandung glikosida uang 300 kali lebih manis dari sukrosa dan gula tebu.

           Buah ini banyak tumbuh di Selatan Tiongkok, dan merupakan minuman hangat favorit di musim dingin di Guilin dan Nanning. Buah ini bisa juga disebut dengan “Buah Panjang Umur” karena khasiatnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dapat menangkal penyakit dan kanker serta meningkatkan HDL (Kolestrol Baik ) yang mampu mencegah penyakit jantung dan stroke serta meningkatkan sirkulasi.

5. Teh Ginseng (人参 rénshēn)​

           Teh ginseng adalah salah satu minuman favorit dan diminati orang-orang tua di Tiongkok yang dipercaya dapat memanjangkan umur dan efektif untuk anti penuaan, meningkatkan kecerdasan dan membantu orang-orang untuk berfikir. Gingseng adalah satu herbal yang paling menonjol dan ditampilkan di sebagian besar toko obat tradisional di Tiongkok.  Gingseng juga bermanfaat untuk mengobati stres dan dapat mengurangi gejala-gejala kepikunan.

           Apakah kalian tertarik untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi minuman-minuman di atas?

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/travelguide/article-healthiest-chinese-drinks.htm

Sumber gambar:

https://p9.itc.cn/q_70/images03/20210121/071d1ca91ac9420cb3f2b6167b3ec7ee.png