Seni Bela Diri Taichi (太極拳 ; Tàijíquán)

Ditulis oleh: Administrator, 20-04-2020

      Tiongkok adalah negara yang memiliki banyak sekali olahraga bela diri terkenal. Ada berbagai macam jenis olahrga bela diri, bela diri untuk kompetisi atau perlombaan (keras), dan bela diri untuk kesehatan. Salah satu olahraga bela diri di Tiongkok adalah 太极拳 (Tàijíquán) atau lebih dikenal dengan Taichi. 

      Menurut legenda, aliran bela diri ini diciptakan oleh Zhang Sanfeng. Beliau adalah pendeta ajaran Taoisme pada abad ke-12. Kata Taichi diambil dari sebutan diagram Yin dan Yang yang biasa digunakan sebagai lambang ajaran Taoisme. Dalam perkembangannya, olahraga bela diri Taichi mengalami berbagai perubahan bentuk gerak. Taichi memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan beladiri aliran keras. Namun, karena membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama untuk menguasai jurus dan gerakan Taichi, jadi olahraga bela diri ini lebih banyak dilatih untuk kesehatan.

      Taichi adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Fokus dari olahrga Taichi ini adalah untuk melatih konsentrasi, menendalikan pernafasan, dan mengatur irama tubuh layaknya air yang mengalir.

      Pada era modern seperti sekarang, tidak sedikit orang cina yang berlatih Taichi di lapangan luas maupun di tamn-taman. Khususnya orang tua. Setiap pagi maupun sore hari, orang-orang tua akan menyempatkan waktunya untuk pergi ke taman dan berlatih Taichi.  

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber: 

Mega Ayu 2006 Buku SMA Kelas XI 学汉语很容易1

Sumber Gambar:

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/9gYmqh7c1eqjruqfSWyiLnSSoAy9zoX74JtYbaebQ5id4NxKvBXXV07YFw-iZSMjFjq2goU-C_MNaUGSdiqfKYSLDW3jLXrwv07mI946otD4mT5pI0q7kC5Qk73m2LrlRJG7nAyO2mlGLw