Kertas Xuan (Xuanzhi)

Ditulis oleh: Administrator, 22-06-2020

              Kertas xuan merupakan jenis kertas yang berasal dari Tiongkok kuno dan merupakan kertas yang digunakan untuk menulis dan melukis. Kertas ini memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga sangat cocok digunakan untuk menulis kaligrafi tulisan mandarin.

              Kertas xuan tercatat berada di dalam upeti selama periode Tianbao pada Dinasti Tang (tahun 742-756), yang menunjukkan bahwa daerah Xuancheng sudah mulai memproduksi kertas pada waktu itu. Dari Dinasti Song ke Dinasti Yuan, masyarakat setempat dapat menggunakan kulit kayu jenis tara wingceltis sebagai bahan baku untuk membuat kertas xuan. Selama periode Xuande di Dinasti Ming, kertas xuan sangatlah populer sehingga proses pembuatannya sampai harus diawasi oleh pengadilan kekaisaran.

              Kertas xuan memiliki beberapa jenis seuai dengan proses pembuatannya, yaitu kertas mentah atau sheng xuan, kertas olahan atau shu xuan, dan kertas setengah jadi atau ban shu xuan. Kertas sheng xuan memiliki kemampuan yang paling baik dalam menyerap tinta sehingga dapat dengan cepat menonjolkan setiap perubahan penulisan dengan halus. Oleh karena itu, para pemula tidak direkomendasikan untuk menggunakan kertas sheng xuan. Berlawanan dengan kertas shu xuan, kertas ini tidak dapat menyerap tinta dengan cepat karena dilapisi dengan karet dan tawas putih, sehingga sangat cocok untuk lukisan atau kaligrafi dengan coretan yang halus. Namun, shu xuan merupakan kertas yang sedikit lebih rapuh dari jenis yang lain. Jenis yang ketiga adalah kertas ban shu xuan, merupakan kertas yang memiliki partikel emas, dan yang paling sering digunakan.

              Kertas xuan juga dapat dikelompokkan sesuai dengan presentasi material pembuat kertas tersebut, yaitu kulit kayu tara wingceltis. Kertas dengan kandungan 40% tara wingceltis disebut dengan mian liao, kandungan 60% tara wingceltis disebut dengan jing pi, dan kertas dengan 80% kandungan tara wingceltis disebut dengan te ping. Semakin tinggi kandungan kulit kayu tara wingceltis tersebut, maka tulisan yang ditulisan dengan kuas di atas kertas tersebut semakin indah dan coretannya terlihat halus.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.travelchinaguide.com/intro/xuan-paper.htm

Sumber gambar:

https://i0.wp.com/ae01.alicdn.com/kf/HTB1YQ4Wa5zxK1Rjy1zkq6yHrVXa3/100m-Half-Ripe-Xuan-Paper-Chinese-Calligraphy-Rice-Paper-Calligraphy-Regular-Script-Writing-Chinese-Painting-Practice.jpg