Batu Giok (Yù; 玉)

Ditulis oleh: Administrator, 29-06-2020

           Giok atau jade atau  () adalah salah satu dari jenis batu permata berwarna hijau yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.  direferensikan dengan batu-batuan yang diukir dan di poles dengan baik terutama batu jadeite, nephrite dan algamolite bisa juga bowenite dan batuan serpentine.

           Giok merupakan batu yang memiliki simbolisme sendiri di setiap periode sejarah china, terutama dalam bidang seni dan reliji. Batu giok awalnya dimulai sebagai bentuk koneksi spiritual atau nilai tetapi di tahun-tahun kemudian, berkembang menjadi simbol otoritas dan status. Di seluruh budaya Tiongkok Neolitik, batu giok tetap dipenuhi dengan ikonografi dan simbolisme. Terutama selama periode Zhou Timur dan dinasti Shang, objek giok melihat representasi makhluk langit yang memainkan peran penting dalam berkomunikasi dengan roh leluhur. Kemudian, dengan transisi ke periode Zhou Barat awal, benda-benda batu giok mulai kehilangan konektivitas mereka ke kekuatan Surgawi dan sebaliknya mencerminkan otoritas politik dan status pemiliknya. Pergeseran ini menandai periode penting dalam batu giok Tiongkok, koreksi penggunaan dan dengan demikian mendefinisikan kembali budaya Tiongkok.

              Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan. Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai "batu penyelamat" bahkan sebagai "batu kesehatan" oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

              Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.

              Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk. Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.thoughtco.com/about-jade-culture-629197

Sumber gambar:

https://img.hong6.com/uploadsck/images/doc/feicui/1/O2ER%25GDSZ2P%5BJXEN2NIH%24J3.jpg