Giant Panda

Ditulis oleh: Administrator, 13-07-2020

          Giant Panda, atau beruang panda, merupakan mamalia yang habitatnya berada di hutan bambu di pegunungan di beberapa wilayah di Tiongkok. Bulunya yang berwarna hitam dan putih dipadukan dengan tubuh yang besar dan wajah yang bulat, memberikan penampilan unik, lucu, dan menawan yang membuatnya disenangi oleh orang-orang di seluruh dunia. Menurut IUCN sebagai Daftar Merah Spesies Terancam Punah, kurang dari 1900 ekor panda diperkirakan masih ada di alam liar.

          Sebanyak 90-98% dari diet panda terdiri dari daun dan batang bambu, serta rumput-rumput tinggi yang tersedia sepanjang tahun di banyak daerah berhutan di Tiongkok. Sebenarnya, panda memiliki pertahanan sistem pencernaan nenek moyangnya yang merupakan karnivora. Oleh karena itu, meskipun panda telah beradaptasi di bagian gigi dan rahang untuk mengkonsumsi bambu, namun sebenarnya panda tidak seutuhnya dapat mencerna selulosa yang merupakan unsur utama dari bambu. Panda akhirnya juga beradaptasi melalui masalah ini dengan cepat dengan cara mengkonsumsi rumput dengan jumlah yang luar biasa setiap harinya. Sebanyak 16 jam dari 24 jam panda menghabiskan waktunya untuk makan, dan pembuangan limbah terjadi hingga 50 kali dalam satu hari. Bagi panda yang berada di alam liar maupun yang dirawat di kebun binatang, prioritas utama mereka adalah makan dan tidur, sehingga disarankan bagi orang-orang yang ingin melihat panda di kebun binatang untuk datang di pagi hari saat panda-panda tersebut masih aktif makan dan bermain.

          Panda betina umumnya melahirkan 2 anak panda, tetapi hanya yang kuat yang bisa bertahan hidup di alam liar. Di pusat penangkaran penelitian di Chengdu, apabila panda betina melahirkan 2 anak, maka anak-anak tersebut akan bergantian dirawat tangan oleh para penjaga panda, kemudian dirawat oleh induknya, sehingga keduanya dapat bertahan hidup. Panda biasanya lahir pada bulan Agustus karena bulan kawin untuk panda biasanya pada bulan Maret hingga Mei dengan usia kehamilan 3 sampai 5 bulan.

          Semua panda yang lahir di penangkaran di kebun binatang asing di luar Tiongkok, memiliki status 'pinjaman', karena semua panda yang terdapat di penangkaran, baik itu di Tiongkok atau di luar Tiongkok, merupakan milik Pemerintah Tiongkok. Sehingga, ketika anak panda tersebut harus dikembalikan ke Tiongkok.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/giant-panda/interesting-facts.htm

britannica.com/animal/giant-panda

Sumber gambar:

https://img.caixin.com/2017-09-26/1506420138343582.jpg