Lion Dance (Singa yang Menari untuk Mengusir Roh Jahat)

Ditulis oleh: Administrator, 13-01-2020

Lion Dance (Cina tradisional: 舞獅; pinyin: wǔshī) adalah sebuah pertunjukan dengan topeng singa yang kerap dikenal sebagai Barongsai oleh masyarakat Indonesia. Menurut kepercayaan tradisional Tiongkok, singa menandakan keberanian, stabilitas dan superioritas. Legenda mengatakan bahwa tarian singa berasal dari Cina selama dinasti Tang (618-906 M), bermula ketika seorang Kaisar bermasalah dengan mimpi buruk, dan berakhir setelah ia diselamatkan oleh binatang langka dan aneh menyerupai singa. Pagi berikutnya, sang kaisar menggambarkan mimpi itu kepada para menterinya Karena hewan aneh menyerupai singa telah menyelamatkan kaisar dalam mimpinya, singa dengan cepat menjadi simbol keberuntungan di seluruh Tiongkok.

              Sejak saat itu, diyakini bahwa seekor singa yang menari (Barongsai) dapat mengejar dan mengusir roh jahat. Barongsai juga sering dikaitkan dengan sistem kung-fu Tiongkok Selatan. Sebuah asosiasi yang berasal dari zaman dinasti Ching yang terdiri dari para seniman bela diri revolusioner ketika itu menggunakan tarian singa sebagai alat komunikasi rahasia. Kini, Barongsai masih merupakan upacara pembukaan yang paling penting untuk acara dan bisnis Cina. dan juga merupakan ritual penting untuk bisnis selama Tahun Baru Cina.

              Pertunjukan barongsai diiringi oleh suara simbal, gong, dan drum yang meriah dengan gerakan-gerakan menyerupai singa yang digabungkan dengan 

seni sejarah serta gerakan kungfu. Biasanya dalam satu kelompok pertunjukan barongsai, terdiri dari sekitar 10 orang penari dan pemain musik. Dua penari membentuk satu ekor barongsai dengan satu penari berada di bagian kepala dan penari lain di bagian ekor singa. Penari bagian depan bertugas menggerakan kepala dan mulut yang menyimbolkan harapan umur panjang serta meningkatkan vitalitas. Sedangkan penari bagian belakang bertugas menggerakan ekor serta mengangkat penari bagian depan. ekor yang menyapu lantai menyimbolkan  harapan bahwa nasib buruk dan hal-hal yang tidak menyenangkan dari tahun lalu akan turut hilang tersapu.

              Warna bulu pada barongsai juga memiliki makna simbolis. Terdapat teori 'lima elemen' warna yang terkait dengan Feng Shui dan menjadi salah satu dasar untuk 'menafsirkan' warna bulu singa yang secara tradisional juga dapat diinterpretasikan secara berbeda-beda.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber Gambar : Lion Dance (https://www.nationsonline.org/oneworld/Chinese_Customs/lion_dance.htm)

Sumber               :Lion Dance (https://www.nationsonline.org/oneworld/Chinese_Customs/lion_dance.htm)

History of Lion Dancing (https://plumblossom.net/LionHistory.html)