WARNA KEBERUNTUNGAN DI CHINA

Ditulis oleh: Administrator, 27-07-2020

      Selain angka yang membawa keberuntungan menurut budaya orang - orang di China, warna juga bisa membawa keberuntungan dan mempengaruhi banyak aspek di dalam kehidupan seseorang.

      Warna-warna ini secara istimewa biasa dipakai dan dihadirkan dalam upacara keagamaan atau upacara-upacara yang punya nuansa kebahagiaan. Dengan harapan, suasana akan semakin bahagia.

Inilah warna-warna yang kabarnya dipercaya membawa keberuntungan bagi masyarakat China.

1. Merah : Kebahagiaan, Kesuksesan, dan Nasib Yang Baik

      Merah merepresentasikan api, dan merupakan warna yang paling populer di Tiongkok. Warna ini juga merupakan warna nasional yang melambangkan kebahagiaan, keindahan, kesehatan, keberuntungan, kesuksesan, dan hoki.

      Warna merah sangat populer dalam korelasinya dengan segalanya tentang Tiongkok, dan digunakan secara luas selama festival dan acara2 penting, seperti pernikahan.

      Lampion merah menghiasi gedung2 perkantoran dan perumahan. Dua baris huruf Xi () berwarna merah, yang berarti ‘kebahagiaan’ menghiasi gerbang dan pintu. Orang-orang menggunakan baju merah selama acara pernikahan, festival, dan perayaan lain. Angpau merah yang berisikan uang dibagikan sebagai hadiah selama Tahun Baru Imlek.

2. Kuning : Kekaisaran dan Kekuatan Tahta

      Warna Kuning dihubungkan dengan bumi (pusat), melambangkan kekaisaran dan khusus diperuntukkan untuk Kaisar.

      Kaisar pertama Tiongkok, dikenal sebagai Kaisar Kuning (黄帝; Huangdi; Yellow Emperor). Tiongkok sering disebut ‘Bumi Kuning’, dan sungai utamanya adalah Sungai Kuning (黃河; Huang He; Yellow River). Warna kuning merupakan warna paling penting menurut persepsi masyarakat kuno Tiongkok.

      Selama kekuasaan Dinasti Song (960-1279), keramik berkilau yang berwarna kuning digunakan untuk membangun istana kerajaan. Guci dan patung hewan bersepuh tembaga, menghiasi ruangan-ruangan dalam istana.

      Pada masa Dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1636-1911), para Kaisar diberi baju kebesaran berwarna kuning. Mereka bepergian menggunakan tandu ‘istana kuning’ dan melakukan perjalanan di ‘jalur kuning’. Selain itu, bendera resmi kenegaraan (dinasti) juga dominan berwarna kuning, dan stempel kerajaan dibungkus dengan kain yang berwarna kuning.

      Dalam Buddhisme Tiongkok, warna kuning diasosiasikan dengan kebebasan dari kebutuhan material (kemelekatan), oleh karena itu para biksu menggunakan jubah kuning.

3. Hijau : Uang Dan Kekayaan

      Hijau adalah warna kekayaan, kesuburan, regenerasi, harapan, harmoni, dan pertumbuhan. Hijau juga melambangkan kemurnian dan kebersihan.

      Berbagai bangunan, seperti bank dan restoran sering dicat dengan warna hijau. Bungkus susu atau produk turunannya juga berwarna hijau, sebagai indikasi bahwa produk tersebut bebas dari kontaminasi (alami).

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber              : https://www.fimela.com/fimela/read/3728786/menurut-budaya-tionghoa-inilah-warna-yang-bisa-membawa-keberuntungan

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/photo/red-office-yellow-school-40799/pixabay