Jianbing, Martabak Telor ala Masyarakat Tiongkok

Ditulis oleh: Administrator, 10-08-2020

              Sarapan adalah hal yang wajib dalam kehidupan kita. Sebelum melakukan banyak aktivitas sarapan dapat menjadi pembuka dalam memberikan energi untuk tubuh kita untuk sehari kedepannya. Seperti masyarakat asia pada umumnya, masyarakat di Tiongkok juga tak lepas dari budaya sarapan pagi. Berbagai macam kudapan baik berupa nasi, mie, roti atau bubur biasa digunakan sebagai menu wajib untuk sarapan. Salah satu menu sarapan yang populer adalah 煎饼 , jiānbĭng.

              Jianbing memiliki bentuk yang sama dengan krepes adonan tipis yang terbuat dari  adonan telur, tepung, dan saus. Dan dapat diisi dengan berbagai topping, misalnya ham, acar, daun bawang, dan daun seledri dengan saus hoisin dan saus sambal.

              Jianbing, berasal dari daerah utara Tiongkok, 2000 tahun ke belekang di provinsi Shandong. Selama masa 3 kerajaan, kanselir Zhuge Liang memiliki masalah dalam memberi makan para prajuritnya setelah kehilangan wajan. Dia memberi perintah untuk memasak tepung dan air, agar membentuk adonan dan membubuhkannya di atas tameng yang sudah diletakkan di atas api. Makanan itu menaikkan moral prajurit sehingga dapat memenangkan pertarungan.  Setelah itu pembuatan Jianbing diwariskan secara turun-temurun di Shandong, dan tersebar ke seluruh penjuru Tiongkok.

              Alasan mengapa Jianbing sangat populer sebagai menu sarapan adalah karena langsung dibuat di tempat, sehingga hangat dan segar. Isiannya bisa bermacam-macam sesuai keinginan pembeli. Harganya yang murah juga membuat Jianbing menjadi sangat populer.

              Terdapat  dua Jenis Jianbing, yang pertama adalah Jianbing ala Shandong dan ala Tianjin atau Jianbing Guozi. Secara tekstur, Jianbing Shandong lebih renyah daripada Guozi. Jianbing Guozi terbuat dari kacang hijau, berbeda dengan ala Shandong yang terbuat dari tepung terigu, jagung, sorgum dan jewawut. Jianbing ala Tianjin berisi isian youtiao atau roti goreng , sedangkan ala Shandong diisi oleh baocui atau kerupuk.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://thewoksoflife.com/chinese-breakfast-jidan-bing/

https://www.food.com/recipe/jian-bing-beijing-style-chinese-breakfast-burrito-412793

Sumber gambar:

https://www.seriouseats.com/images/2015/08/20150803-jianbing7-reilly.jpg