Kunming Stone Forest (Shilin)

Ditulis oleh: Administrator, 18-08-2020

       Kunming Stone Forest, atau Shilin (hutan batu) dalam Bahasa Tiongkok, merupakan kumpulan kelompok batu kapur yang terbentuk akibat aktivitas seismik dan erosi air dan angin yang telah terjadi selama ribuan tahun. Hal tersebut pada akhirnya membuat Shilin ini menjadi Kawasan yang spektakuler dan mewakili keindahan di bagian selatan Tiongkok.

       Dikenal sebagai “The First Wonder of the World”, Shilin telah dikenal sejak Dinasti Ming (1368-1644). Seseorang mengatakan apabila kalian mengunjungi daerah Kunming tanpa melihat Shilin, maka kalian telah membuat waktu kalian terbuang sia-sia.

       Pilar-pilar raksasa seperti stalagmit menciptakan rangkaian labirin yang sangat besar. Shilin terbagi menjadi banyak hutan batu yang lebih kecil dan memiliki gua, air terjun, kolam, danau, bahkan sungai bawah tanah. Dua dari tiga hutan baru individu yang lebih kecil lagi, yaitu Hutan Batu Naigu dan Desa Suogeyi merupakan bagian dari Karst Tiongkok Selatan, sebuah situs warian dunia UNESCO.

       Salah satu batu besar di Shilin yang paling terkenal adalah Batu Ashima, yang menurut legenda terbentuk setelah gadis canti asal daerah Sani bernama Ashima lari ke hutan dan kemudian berubah menjadi batu setelah dilarang menikah dengan pria yang dicintainya. Pada tanggal 24 Juni di setiap tahunnya, penduduk daerah Sani mengadakan Festival Obor yang dihormati di Shilin. Pada festival tersebut menampilkan banyak pertunjukan tradisional seperti gulat, panjat tiang, tarian singa, dan lain-lain.

       Biaya masuk untuk menikmati keindahan di Shilin adalah sebesar 130 yuan untuk orang dewasa, 65 yuan untuk orang lanjut usia 60 tahun ke atas, dan 65 yuan untuk anak anak di atas 6 tahun sampai 18 tahun. Wisata di Shilin dibukan dari pukul 7 pagi hingga 6 sore.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://www.atlasobscura.com/places/shilin-stone-forest

https://www.travelchinaguide.com/attraction/yunnan/kunming/stone_forest.htm

Sumber Gambar : https://oddviser.com/china/kunming/stone-forest-walk