Bakpao (肉包)

Ditulis oleh: Administrator, 07-09-2020

           Bakpao adalah makanan khas negeri Tiongkok yang memiliki tekstur mirip roti yang lembut dan berwarna putih.. Kata bakpao berasal dari bahasa Hokkian. Bak berarti daging sedangkan pao berarti bungkusan. Jadi kurang lebih artinya daging yang dibungkus.Dahulu masyarakat Tionghoa mengisi bakpao dengan daging babi, karenanya bakpao sering dikatakan memiliki arti daging babi dalam roti.

           Sejarah bakpao berawal pada zaman tiga negara (sam kok) ketika terjadi pemberontakan besar-besaran di daerah selatan Tiongkok. Setelah selesai berperang dan dalam perjalanan kembali ke Cheng Du (ibu kota Shu), Zhuge Liang harus melewati sungai besar. Di sungai itu sang perdana menteri dan pasukannya tertahan karena selalu saja ada gelombang besar dan badai. Ternyata menurut kepercayaan, jika ingin melewati sungai tersebut mereka diharuskan mempersembahkan 49 kepala ke dalam laut. Karena Liang tidak mau ada pertumpahan darah, ia membuat kue yang bulat menyerupai kepala manusia. Lalu kue ini disebut mantou yang artinya kepala manusia.

           Saat ini bakpao tidak hanya berisi daging babi saja, tetapi bermacam-macam isian. Mulai dari yang asin sampai yang manis. Untuk membedakan isian, bakpao diberi titik kecil menggunakan pewarna makanan di atasnya.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://beritagar.id/artikel/piknik/bakpao-penganan-zaman-dulu-yang-hit-hingga-kini

Sumber gambar:

https://rs.joo.com.tw/website/uploads_product/website_594/P0059400060946_3_223553.jpg?_77307