MAKANAN-MAKANAN KHAS IMLEK

Ditulis oleh: Administrator, 20-01-2020

          Tak terasa setahun telah berlalu dan kita akan memasuki tahun yang baru pada tanggal 25 Januari. Tahun babi tanah telah berlalu dan tikus logam akan menyapa di tahun 2020.

          Tahun baru china tentu saja akan dimulai dengan perayaan Imlek yang meriah seperti pesta tahun baru pada umumnya.

          Pesta yang meriah tidak lengkap tanpa adanya hidangan. Tentu saja Imlek adalah perayaan yang istimewa makanan yang disajikan pada hari itu pun tak kalah istimewanya juga.

           Berikut adalah hidangan yang wajib disantap saat merayakan imlek .

1.Mie Goreng

 

Mie goreng memiliki peranan penting di setiap acara adat Tiongkok, bukan hanya di acara ulang tahun saja mie goreng juga hidangan wajib yang hadir saat Imlek. Mie ini punya arti khusus bagi masyarakat Tionghoa yaitu simbol dari umur panjang, kebahagiaan, dan rezeki yang berlimpah. Makanya sajian mie selalu hadir di perayaan-perayaan besar.

2. Ikan Bandeng

           Ayam atau bebek menjadi simbol udara yang memiliki arti kesetiaan dan ketaatan. Makanya sajian ayam atau bebek utuh selalu hadir saat Imlek. Ayam dan bebek ini juga pasti disajikan secara utuh dengan harapan keluarga yang memakannya akan menjadi keluarga yang utuh dan bahagia selalu

3. Babi

          Hidangan dari babi juga selalu ada di dalam sajian Imlek yang akan dimakan oleh keluarga besar. Hal ini sebenarnya punya arti khusus, seperti yang sudah diketahui babi adalah hewan yang malas. Nah, makanya orang yang memakan babi saat Imlek tidak akan menjadi pemalas.

Daging babi ini menjadi salah satu sajian penting bahkan di Semarang ada Pork Festival Semarang. Acara ini khusus dibuat buat kamu yang pork lover. Berbagai sajian berbahan dasar babi bisa kamu temukan di sini loh.

4. Telur direbus dengan teh

Sajian yang paling khas ini juga nggak pernah absen saat Imlek. Telur yang direbus dengan kecap asin dan teh ini punya rasa unik. Rasanya mirip dengan telur coklat yang punya rasa manis dan gurih ini enak banget walaupun cuma dicemilin aja. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata telur teh ini punya arti khusus? Teh telur ini dipercaya akan mendatangkan kesuburan.

5.Yu Sheng

Hidangan khas Imlek yang penuh warna ini selain cantik juga penuh dengan makna dan pengharapan loh. Salad campuran sayur, buah, dan ikan ini dipercaya melambangkan keberuntungan di tahun baru. Sebelum mulai makan, kamu dan seluruh anggota keluarga akan mengaduknya bersama-sama dan yang terpenting kamu harus mengangkat yu sheng tinggi-tinggi. Semakin tinggi mengangkat sayur maka harapan kamu akan terkabul dan keberuntunganmu akan berlipat-lipat di tahun baru.

6.Kue Mangkok

          Kue mangkok warna merah ini juga akan kamu lihat selama perayaan Imlek. Kue mangkok ini akan berdampingan dengan kue keranjang. Kue mangkok warna merah ini melambangkan rezeki yang akan selalu mekar sepanjang tahun. Diharapkan tahun baru akan memberikan rezeki baru yang berlimpah dan tak terputus sepanjang tahun. Selain kue mangkok masih ada kue-kue Imlek lain yang ikut meramaikan Imlek.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/12-makanan-khas-imlek-dan-maknanya-yang-penuh-keberuntungan