8 ARAH MATA ANGIN KULINER CHINA

Ditulis oleh: Administrator, 27-01-2020

1.Masakan Shandong

            Daerah Shandong terkenal dengan lanskapnya yang beragam, mulai dari pemandangan Sungai Kuning, Gunung Tia, dataran tinggi bagian utara China, hingga garis pantai Laut Bohai dan Laut Kuning. Menu makanan dari Shandong umumnya dikenal dengan masakan Lu, yang cocok dengan masakan zaman kekaisaran kuno. Masakan Lu juga dikenal dengan seni kulinernya yang canggih sejah 2.500 tahun yang lalu. Untuk membuat menu makanan dari masakan Lu, ada 11 cara dasar menggoreng. Makanan yang dihasilkan dari cara dasar ini, akan menghasilkan aroma menggugah. Menu makanan yang terkenal dari daerah ini adalah Ayam Ba, yang digoreng dan direbus selama berjam-jam. Satu lagi, Tahu Pin Yi, olahan tahu yang direbus dan kemudian dikukus dengan kaldu ayam.

2. Masakan Chaozhou

           Sedikit berbeda dari menu makanan beberapa daerah lain di China, masakan Chaozhou memiliki keunikannya tersendiri. Kebanyakan menu makanan dari daerah ini disajikan dalam keadaan dingin. Jauh berbeda dengan makanan khas China lainnya yang disajikan hangat-hangat. Selain itu, karena Chaozhou terletak di bagian tenggara China yang dekat dengan laut, beberapa menu makanannya yang terbuat dari hewan-hewan laut. Masakan yang terkenal di Chaozhou yakni rebusan ikan segar, dan kemudian diolah dengan cara dikukus. Ikan akan disajikan ketika sudah dingin dan dituangkan pasta kedelai Poling. Satu lagi menu makanan China khas Chaozhou, telur dadar tiram dan bubur asli Chaozhou.

3. Masakan Hunan

           Masakan Chaozhou terkenal dengan sajian menu makanannya yang dinginmasakan dari Hunan terkenal dengan masakannya yang pedas. Mungkin seperti “ masakan Padang-nya China”. Provinsi ini terletak di pengunungan China bagian selatan, tepatnya di Hunan. Cita rasa pedas, asin, dan berminyak menjadi ciri khas menu makanan dari daerah ini. Ada beberapa menu makanan dari masakan Hunan yang terkenal, seperti Suan La, Duo Jiao, dan Douchi La.

           Duo Jiao merupakan menu makanan dengan bahan dasar paprika, cincangan daging dan dengan tambahan bumbu asin. Duo Jiao jadi menu makan malam wajib bersama dengan kepala ikan cincang dan daging goreng khas Hunan.

4. Masakan Hangzhou

           Lokasi Hangzhou tak jauh dari Shanghai, membuat cita rasa masakan daerah ini tidak berbeda jauh dengan masakan China pada umumnya. Masakan dari Hangzhou terkenal dengan cara memotongnya yang halus.

           Beberapa menu makanan dari Hangzhou yang terkenal adalah Dongbo, daging yang direbus dengan rempah selama berjam-jam. 

            Ada juga menu makanan yang terbuat dari daging ayam dan ikan, seperti Songsai Yugeng dari ikan, Ayam ‘Pengemis’, dan Longjing yang terbuat dari udang.

5. Masakan Fujian

           Provinsi Fujian terkenal dengan masakannya yang kebanyakan menggunakan bambu. Makanan yang terkenal dari Fujian adalah Min dan Fotiaoqiang, yaitu menu biksu yang terkenal sebagai vegetarian. Menu makanan dari Fujian umumnya akan menggunakan bumbu yang kuat, dan penggunaan pangsit seperti pada Dimsum, dan bisa juga digoreng maupun dikukus. Satu lagi menu makanan Fujian yang bisa dicoba, yaitu Tempe dengan Kacang Gingko, khas China.

                      Makanan dari Fujian sangat populer di kalangan orang keturunan China, terbukti dengan banyaknya cabang restoran masakan China yang mengambil menu dari masakan Fujian.

6. Masakan Nanjing

           Nangjing merupakan ibukota dari Provinsi Jiangsu, sebuah kota yang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam wisata kuliner China. Menu makanan dari Nanjing terkenal memiliki cita rasa yang kaya. Salah satu yang terkenal adalah masakan ikan Mandarin yang asam.

           Masakan ikan itu dipresto atau dipisahkan dari tulangnya, kemudian digoreng dalam bentuk kotak. Selain itu, masakan bebek panggang dari Nanjing juga sangat terkenal. Ada juga bihun khas Nanjing yang tak kalah sedapnya.

7. Masakan Shunde

           Masakan Shunde sangat terkenal dengan kesegaran dan rasa umaminya. Masakan kanton sangat terpengaruh dengan citarasa masakan Shunde atau Shun Tak. Shunde adalah kota yang berada di delta sungai mutiara daerah selatan china. Shunde diberkati oleh berbagai macam ikan air tawar segar. Cara memasak masakan Shunde sudah ada sejak dinasti Han dan Qin yang berasal dari 2000 tahun yang lalu.

                      Shunde terkenal dengan olahan ikan karper lumpur, ikan Ju dan ikan karper rumput. Yang diolah menjadi bubur ikan, hotpot dan congee. Masakan Shunde dipersiapkan di mangkuk tanah liat, karena mereka suka menyajikan makanan dalam keadaan hangat.

8. Masakan Yunnan

           Yunnan terletak di dataran tinggi Yunnan-Guizhou, masakan Yunnan sangat beraneka ragam. Karena masyarakat Yunnan terdiri dari 51 etnis dari 55 etnis yang hidup di china. Yunnan terkenal dengan berbagai macam bahan-bahan yang tersedia di alam .

           Masakan Yunnan terkenal dengan kepedasannya, dan cara mengolah makanannya yang sederhana.  Jamur-jamuran sangat beragam yang tumbuh di Yunnan.

            Masakan Yunnan memiliki karakteristik yang mirip dengan masakan Thailand utara , dan masakan Tibet.

Sumber : https://www.scmp.com/lifestyle/food-drink/article/2167794/chinese-regional-cuisine-shunde-food-and-where-best-eat-it-hong

https://www.scmp.com/lifestyle/food-wine/article/1581442/just-what-exactly-yunnan-cuisine

Sumber Gambar : https://www.wildchina.com/blog/2017/09/yunnan-food/