Xi’an Bell Tower dan Drum Tower

Ditulis oleh: Administrator, 17-05-2021

          Jika kita kembali ke tahun 1380-an pada masa awal Dinasti Ming, kita akan bisa melihat Xi’an Bell Tower and Drum Tower, menara megah yang merupakan simbol dari masa lalu kota yang kaya dan yang terbesar serta paling terawat dari jenisnya di Tiongkok.

          Setiap kota pada era Dinasti Ming pasti memiliki lonceng dan menara drum untuk membantu memberi sinyal waktu dan menandai peristiwa penting. Bell Tower di Xi’an terletak di pusat kota tua, berdiri setinggi 27,4 meter dan terletak di lingkaran lalu lintas yang sibuk. Pengunjung yang menyukai pemandangan kota dan yang ingin mengunjungi Bell Tower bisa menaiki menara hingga balkon paling atas di mana kita dapat melihat pemandangan kota 360 derajat. Namun perlu diketahui bahwa untuk menaiki menara hingga balkon paling atas pengunjung harus menaiki banyak anak tangga.

          Selain pemandangan kota dari balkon teratas, Bell Tower di Xi’an ini juga memiliki museum kecil di dalam menara yang di dalam museum tersebut terdapat lonceng besar dan juga beberapa catatan kuno tentang data renovasi dari menara tersebut.

          Sebagai bangunan khas Kota Xi’an, Bell Tower selalu kedatangan banyak turis setiap harinya, sehingga terkadang ada antrian panjang saat akan memasuki menara. Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke dalam menara tidak mahal, namun banyak turis yang lebih menyukai eksterior dari Bell Tower dan menganggapnya lebih menarik, terutama ketika sore hari saat menara menyalakan lampunya sehingga terhias oleh lampu yang berwarna-warni.

          Selanjutnya adalah Menara Drum atau Drum Tower yang terletak di sebelah selatan Beiyuanmen dan berjarak sekitar 200 meter dari Bell Tower. Menara ini dibangun pada tahun 1380, jauh lebih awal dari Bell Tower. Drum Tower memiliki koleksi drum-drum besar dan banyak instrument music tradisional lainnya yang berasal dari waktu-waktu tertentu. Selain itu, di dalam Drum Tower juga terdapat pertunjukan musical lho! Drum Tower dapat dikunjungi  bersamaan dengan mengunjungi Bell Tower dengan tiket terusan.

          Kedua menara bersejarah ini dibuka untuk umum setiap harinya dari pukul 8:30 pagi hingga 10:00 malam dengan harga tiket sebesar CNY 35 jika pengunjung hanya mengunjungi Bell Tower saja, dan CNY 50 jika pengunjung membeli tiket terusan dengan Drum Tower.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.thechinaguide.com/sight/bell-tower

Sumber gambar:

https://img.alicdn.com/bao/imgextra/i4/3011359770/TB2MnzntpuWBuNjSszbXXcS7FXa_!!3011359770-0-wefliggy.jpg